Yuks Ketahui Apa itu SBR008 ?

saving bon ritel

Savings Bond Ritel (SBR) merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia.

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang instrument investasi SBN Ritel. di bulan september ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan menerbitkan Saving Bond Ritel (SBR) dengan kode SBR008. SBR008 ini diterbitkan khusus untuk kaum milenial agar mereka teredukasi untuk berinvestasi.

Apa saja sih karakteristik SBR?

  • Untuk individu warga negara Indonesia (WNI)
  • Pemesanan mulai dari Rp 1 Juta
  • Jatuh tempo 2 tahun
  • Kupon mengambang dengan kupon minimal
  • Fasilitas early redemption

Mengenai imbal hasil untuk SBR008 di tetapkan sebanyak 7.2 % per tahun. SBR memiliki kupon yang mengambang dengan kupon minimal (floating with floor) dan mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate.

“Mengambang”, artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

“Kupon Minimal” artinya tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Simulasi kupon SBR

imbal hasil = 7.2 % p.a

imbal hasil = BI 7 Day Reverse Repo Rate (5,50%) + spread 170 bps (1,70%)

perhatikan contoh simulasi di bawah ini :

  • Jika pada bulan Desember 2019 BI 7-DRRR ditetapkan sebesar 6,00%, maka pada periode Desember-Maret 2020 kupon yang berlaku adalah 7,70% p.a.(6,00% + spread 170 bps).
  • Jika pada bulan Desember 2019 BI 7-DRRR turun menjadi 5,00%, maka pada periode Desember-Maret 2020 kupon yang berlaku bukan 6,70% (5,00%+ spread 170 bps) melainkan 7,20% p.a. yang merupakan kupon minimal.

Adahal yang paling seru dari SBR008 yaitu adanya fasilitas Early Redemption, apa itu Early Redemption ?

  • SBR008 adalah instrumen yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, tetapi memiliki fasilitas Early Redemption.
  • Early Redemption merupakan fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok SBR008 oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo.
  • Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap Mitra Distribusi dan jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah 50% dari total kepemilikan investor.

Buat kamu yang mau membeli SBR008 bisa melalui bareksa. yuks segera beli SBR008 karena tinggal beberapa hari lagi. pembelian terakhir di tanggall 19 september 2019 untuk seri SBR008.

baca artikel lainya:

Leave a Reply

Your email address will not be published.