Wajah Baru Stasiun Tanah Abang

Stasiun Tanah Abang merupakan salah satu stasiun besar di Jakarta dengan kepadatan penumpang yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Terletak di kawasan kegiatan primer, yaitu kawasan pusat grosir tekstil terbesar di Indonesia, Stasiun Tanah Abang juga sebagai stasiun transit yang menghubungkan Wilayah Tangerang dan Jakarta Pusat.

Adanya pusat Grosir di Tanah Abang ini, menyebabkan terjadinya sirkulasi jalur perdagangan darat baik dari Jabotabek sendiri maupun dari seluruh wilayah di Indonesia (Dimyati (2011) Universitas Gunadharma, Aktivitas dan Kegiatan Kelompok Pedagang Depan Pasar Grosir Tanah Abang di Koridor Jl. H. Mansyur Jakarta).

Kondisi Stasiun Tanah Abang selalu mengalami perbaikan untuk menampilkan fasad bangunan dan lingkungan yang lebih baik. Modern ini, konsep visual dari stasiun-stasiun yang ada di Jakarta perlu dilakukan revitalisasi guna menampilkan lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman. Oleh karenanya, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta telah merealisasikannya pada bulan Juni 2020.

Foto dibawah ini diambil pada bulan Maret 2020, dimana proses revitalitasi kawasan Stasiun Tanah Abang masih belum dilakukan. Terlihat kawasan disekitar stasiun masih dilapisi dengan tanah dan baru memasuki proses perataan tanah dibantu alat berat.

sumber : fidiyati
sumber : fidiyati

Beberapa bulan setelahnya terlihat perbedaan yang cukup signifikan. setelah proses revitalisasi selesai dilakukan, nampak kawasan Tanah Abang menjadi terlihat lebih rapih dan memiliki konsep penataan yang jelas. Wajah baru dari Stasiun Tanah Abang ini sangat menampilkan keindahan dari bangunan itu sendiri yang modern. View ditempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai lokasi berfoto menampilkan indahnya ibukota dan tentunya dapat memberikan rasa aman bagi para pengunjung.

sumber : wibiariwibowo
sumber : wibiariwibowo
Baca artikel lainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published.