Tumbuhkan Minat Baca Anak Dengan Koleksi Buku Dirumah

ilustrasi asiknya baca buku

Buku adalah gerbang ilmu, dengan banyak membaca buku kita akan banyak tau tentang sesuatu yang mungkin belum kita tau. Membiasakan anak untuk membaca buku sejak dini adalah suatu keharusan agar anak dekat dengan gerbang ilmu. Namun membiasakan anak untuk membaca buku bukanlah hal yang mudah, apalagi anak kecil, dan semua itu butuh perjuangan.

Jika Anda adalah pasangan baru dan sedang menantikan buah hati, ada baiknya mulai sekarang anda sudah mulai mempersiapkan perpusatakan pribadi dirumah. Mulai perbanyak koleksi buku dengan tema anak-anak.

Rumah yang banyak bukunya akan membuat anak lebih kreatif, karena banyak sumber bacaan yang membuat rasa penasaran anak tumbuh. Koleksi buku dengan tema esiklopedia dan juga perbanyak buku-buku cerita bergambar. Apalagi jika masa kecil Anda punya buku yang cukup berkesan, cobalah kenalkan keanak dan cari lagi koleksi buku anda tersebut.

Cobalah untuk mencari buku-buku lama tersebut. Kemudian dikumpulkan dan biarkan anak memilih yang paling menarik menurut mereka. Anda bisa menceritakan isi buku tersebut agar mereka semakin tertarik. Bimbing dan puji saat mereka sudah mulai tertarik membaca dan berikan penghargaan atas minat mereka yang besar pada buku.

Cari Topik Yang Menarik Bagi Anak

Salah satu cara agar anak tertarik membaca adalah mencari topik yang paling mereka sukai. Jika anak suka olahraga cobalah cari buku atau majalah olahraga, atau jika mereka menyukai dunia hewan Anda bisa memberi ensiklopedia yang penuh gambar. Jika sudah menemukan topik yang mereka sukai, Anda bisa mengajak anak untuk mencari dan membeli buku yang sesuai dengan minat mereka.

ensiklopedia binatang
ensiklopedia binatang // foto google.com

Baca juga artikel berikut ini :

Perbanyak Ragam Jenis Buku Di Rumah

Jika Anda memiliki perpustakaan di rumah, sebaiknya memperbanyak jenis bacaan untuk anak. Mungkin anak Anda tertarik pada pengetahuan alam, maka bisa menambahkan ensiklopedia, buku bergambar, komik pengetahuan, dan banyak lagi lainnya. Namun jika mereka sudah tertarik pada buku cerita, maka Anda bisa membelikan novel anak, komik, dan cerita bergambar. Dengan demikian anak memiliki banyak bacaan di rumah.

ilustrasi buku impor
ilustrasi buku impor // foto google.com

Bimbinglah anak untuk membaca banyak bacaan, sehingga mereka bisa memiliki banyak pengetahuan dari membaca. Manfaat pengetahuan yang banyak membuat pola pikir anak yang bisa melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, rasa ingin tahu yang kuat, serta memperkuat kemampuan akademis. Pastikan buku-buku yang diberikan bermanfaat bagi kemampuan kognitif mereka.

Beri Penghargaan

Minat baca pada anak memang cukup rendah. Sangat sulit membimbing anak untuk memiliki ketertarikan pada buku. Oleh karena itu jika anak memiliki minat baca yang tinggi, hal tersebut menjadi pencapaian yang sangat baik. Berilah penghargaan pada anak atas pencapaian tersebut. Buat anak merasa berharga saat mereka bisa membaca banyak buku. Jadi, ketertarikan mereka pada buku bisa semakin tinggi.

ilustrasi asiknya baca buku
ilustrasi asiknya baca buku // foto google.com

Pujilah mereka saat selesai membaca sebuah buku. Tanyalah beberapa pertanyaan terkait dengan buku tersebut untuk mengetahui daya ingat mereka. Berikan hadiah yang mereka inginkan. Mulai dari makanan yang enak, mainan baru, atau sebuah buku yang sangat mereka inginkan. Hal ini akan membuat anak merasa membaca buku adalah sesuatu yang menyenangkan.

Baca artikel lainya :

**dirangkum dari berbagai sumber