Tips Membasmi Rayap Pada Kusen Pintu

cara basmi rayap

Rayap merupakan hama bagi rumah, seringkali kusen-kusen kayu rumah kita kelihatan dari luar terlihat cukup bagus, namu beberapa bulan kemudian tanpa kita sadari kita menemukan telah keropos di makan rayap. Tentunya hal ini jadi tantangan sendiri bagi pemilik rumah untuk bisa menjaga rumahnya agar tetap berdiri kokoh dari serangan pasukan rayap.

Berikut ini tips membasmi rayap pada kayu kusen pintu :

1) Minyak tanah

Anda bisa menyiramkan atau menyemprotkan minyak tanah pada kusen. Zat ini bisa membantu menghilangkan rayap. Sayangnya, zat ini juga meninggalkan bau yang cukup menyengat. Bagi sebagian orang, bau ini cukup mengganggu. Selain itu, sifat minyak tanah juga bisa menyebabkan korosi pada perabot.

2) Air cucian beras

Ini merupakan cara teraman dan murah yang bisa dipilih. Usai mencuci beras, simpan air cuciannya. Jika letak hamanya di bawah, siramkan air cucian beras tersebut. Jika hamanya di atas, semprotkan secara langsung.

Pemakaian air cucian beras ini juga efektif untuk membasmi rayap tanah.

3) Larutan air garam

Anda juga bisa menggunakan larutan air garam yang dapat dibuat secara mudah di rumah. Taruh larutan ini dalam botol semprot dan gunakan untuk membasmi rayap.

4) Air kapur sirih

Selain 3 bahan alami di atas, Anda juga bisa mencoba air kapur sirih. Siapkan air kapur sirih lalu percikkan ke area yang dimakan atau langsung ke sarangnya. Hasilnya sangat efektif, buktikan sendiri!

5) Tembakau

Campurkan tembakau dengan air dan diamkan semalam sampai meresap. Taruh larutan ini ke dalam botol semprotan siap pakai. Semprotkan langsung ke bagian yang dimakan atau diserang oleh hama pemakan kayu tersebut.

6) Gunakan alat atau umpan

Anda bisa membuat umpan sendiri secara sederhana dari kardus atau tisu untuk memancing dan membasminya seketika.

Jika tidak berhasil, cobalah menggunakan alat umpan, salah satunya adalah Sentricon. Alat ini bekerja dengan cara memancing rayap masuk ke dalamnya dan seketika mati. Sangat cocok untuk membasmi semua koloni, ratu, dan telurnya.

7) Gunakan termisida

Ini merupakan salah satu obat serangga atau hama yang cukup banyak digunakan. Sangat efektif untuk mengusir rayap yang ada di kusen. Cukup semprotkan insektisida ini ke kusen dan lihatlah hasilnya.

Baca artikel lainya :