Serunya Naik Kereta Api Karawaci – Malang

onsen hot spring resort

Karawaci kota yang penuh kenangan dan malang kota yang penuh impian, kenapa begitu ? jawabanya cukup penulis aja yang tau ya, hehee.

Buat kamu yang tinggal di karawaci dan mau berakhir pekan ke kota malang, saat ini sedang cari opsi naik angkutan umum apa yang pas dan asik. Salah satu pilihan tepatnya adalah kereta api, kereta api merupakan mode angkutan darat yang paling nyaman saat ini.

Selain itu dengan naik kereta api kamu bisa juga sambil menikmati suasana asik selama perjalanan naik kereta, diantaranya kamu bisa menikmati pemandangan alam jawa yang penuh deaerah pegunungan, kamu juga bisa menikmati hamparan sawah yang menghijau disepanjang perjalanan dari jakarta sampai malang.

Ngomong-ngomong naik kereta api, untuk kamu yang tinggal di karawaci kamu bisa naik angkutan kereta api dari dua stasiun yaitu setasiun pasar senen dan stasiun gambir. Dari karawaci kamu bisa naik kendaraan online ataupun naik bis. Kamu bisa membacanya disini untuk menemukan angkutan umum apa dari karawaci ke stasiun pasar senen.

Berikut ini pilihan kereta api yang bisa kamu gunakan untuk menuju kota malang.

Naik kereta dari stasiun pasar senen

1) Kereta Api MataMarja

PT KAI menghadirkan Kereta Api Matarmaja sebagai pilihan metode transportasi antara Stasiun Kota Baru Malang dan Stasiun Pasar Senen Jakarta. Dalam perjalanan yang memakan waktu sekitar 16 jam, kereta ini juga akan melewati dua kota besar lainnya, yaitu Blitar dan Madiun.

kreta api matamarja
kreta api matamarja // foto google.com

Nama Matarmaja merupakan akronim dari keempat kota tersebut, yaitu Madiun, Blitar, Malang, dan Jakarta, disingkat menjadi Matarmaja. Pada tahun 2012, film Indonesia yang menuai kesuksesan, “5 cm,” menampilkan adegan enam sekawan yang berangkat menggunakan kereta api Matarmaja. Berkat film tersebut, nama kereta api ini menjadi jauh lebih populer.

Fasilitas Kereta Api Matamarja

Sebagai kereta api kelas Ekonomi AC Non-PSO dari PT KAI, kereta api Matarmaja menyediakan sejumlah fasilitas yang nyaman untuk para penumpangnya. Kursi di kereta disusun dengan urutan 3-2. Artinya, ada 3 tempat duduk di sisi kanan dan 2 tempat duduk di sisi kiri. Setiap penumpang kemudian akan duduk berhadapan dengan penumpang lain di kursi seberang. Berikut informasi tentang fasilitas yang terdapat di Kereta Api Matarmaja:

Kelas Ekonomi AC Kereta Api Matarmaja

Sebagai kereta api Kelas Ekonomi AC Non-PSO dari PT KAI, kereta api Matarmaja menghadirkan sejumlah fasilitas yang nyaman untuk penumpangnya. Setiap tempat duduk dilapisi kulit sintetis dan bisa menampung dua hingga tiga orang penumpang. Kamu akan duduk berhadapan dengan penumpang lainnya di baris yang sama. Selain itu, tersedia juga toilet di setiap kereta.

Jika kamu merasa lapar, kamu bisa membeli makanan yang sudah disediakan di kereta. Dalam perjalanan sekitar 16 jam, tentu kamu juga perlu mengisi ulang daya perangkat elektronikmu. Kereta api Matarmaja menyediakan stop kontak di setiap tempat duduk yang bisa kamu gunakan.

2) Kereta Api Jayabaya

Ingin liburan di pulau Jawa dengan murah dan nyaman? Kamu dapat memilih opsi Kereta Jayabaya! Ini adalah salah satu kereta yang ditawarkan PT KAI yang melayani relasi Pasar Senen – Malang via Surabaya Pasar Turi. Kereta Jayabaya menawarkan kelas kereta eksekutif dan ekonomi plus yang nyaman dan memiliki fasilitas lengkap. Nama kereta ini diambil dari nama Raja Kediri, Maharaja Jayabhaya yang memimpin di tahun 1135 hingga 1157. Jayabaya terkenal dengan ramalan tentang Nusantara yang bernama Jangka Jayabaya.

kereta api jayabaya
kereta api jayabaya // foto google.com
Fasilitas Kereta Api Jayabaya

Secara keseluruhan fasilitas dari Kereta Api Jayabaya dari tahun ke tahun mengalami peremajaan yang semakin memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya. Mulai dari bentuk fisik kereta yang mulai memakai bahan stainless steel, hingga peningkatan fasilitas yang mencakup penambahan jumlah toilet, sandaran kaki yang lebih fleksibel, lampu tidur, lampu baca, meja mini, dan masih banyak lagi.

Jayabaya dilengkapi dengan CCTV, smoke-detector, dan jalur evakuasi yang dapat menyala dalam kondisi gelap. Semua fasilitas ini disediakan untuk menunjang keselamatan dan keamanan dari para penumpangnya. Selain fasilitas, Kereta Api Jayabaya juga memiliki kelas kereta yang bervariasi, berikut informasinya:

Baca juga :

Kelas Eksekutif Kereta Api Jayabaya

Kelas Eksekutif merupakan kelas dengan harga termahal dari kereta Jayabaya. Fasilitas yang dimiliki dari kelas ini pun sepadan dengan harganya. Kamu akan mendapatkan fasilitas seperti tempat duduk yang nyaman, selimut, bantal, AC, televisi, rak bagasi, meja mini, reclining seat, rotary seat, toilet, dan stop kontak. Kelas Eksekutif Jayabaya mempu menampung sekitar 50 penumpang.

Kelas Ekonomi Plus Kereta Api Jayabaya

Kelas Ekonomi Plus merupakan kelas terbaru yang dimiliki oleh Kereta Jayabaya. Berada sedikit di atas Kelas Ekonomi, fasilitas yang diberikan juga lebih lengkap seperti AC, stop kontak, dan toilet. Kelas Ekonomi Plus Jayabaya mampu menampung 80 hingga 64 penumpang dengan kursi saling berhadapan dan tidak bisa direbahkan.

Naik Kereta Dari Stasiun Gambir

1) Kereta Api Gajayana

Kereta Api Gajayana merupakan salah satu kereta dari PT KAI yang melayani rute pulang pergi Malang – Jakarta. Nama Kereta Api Gajayana terinspirasi dari seorang raja bernama Sang Liswa dari Kerajaan Kanjuruhan yang dulu berpusat di Kota Malang. Sang Liswa memiliki gelar Gajayana yang sangat dihormati serta dicintai oleh rakyat dan para Brahmana karena kesuksesannya dalam menciptakan kemakmuran negeri.

kereta api gajayana
kereta api gajayana // foto google.com

Kereta Api Gajayana pertama kali beroperasi pada 28 Oktober 1999. Dari tahun ke tahun, kelas dan rangkaian kereta Gajayana sempat berganti dan mengalami penyegaran beberapa kali. Kini, Kereta Api Gajayana beroperasi sebagai kereta Kelas Eksekutif dan Luxury yang lengkap dengan fasilitas mewah.

Fasilitas Kereta Api Gajayana

Sebagai kereta kelas eksekutif yang melayani rute Pulang Pergi (PP) untuk Malang (ML) – Jakarta (Gambir/GMR), fasilitas yang diberikan Gajayana tentu juga tidak akan mengecewakan penumpangnya. Kereta yang akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 jam ini akan memberikan kenyamanan yang luar biasa untuk semua penumpangnya.

Setiap kereta juga dilengkapi dengan toilet dan AC untuk penumpang. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir akan merasa bosan karena setiap kereta dilengkapi dengan TV untuk menonton acara favoritmu. Untuk lebih lengkap, berikut informasi tentang berbagai fasilitas yang terdapat di Kereta Api Gajayana:

Kelas Eksekutif Satwa

Sebelum fokus pada fasilitas Kereta Api Gajayana, ada sedikit penjelasan untuk Kelas Eksekutif Satwa. Secara fasilitas, Kelas Eksekutif Satwa mempunyai tingkat pelayanan di bawah Kelas Eksekutif Argo, termasuk nomor kereta (KA) yang lebih besar dibanding dengan kelas Argo. Perbedaan nomor kereta ini terkadang membuat kereta Kelas Eksekutif Satwa harus mengalah atau menunggu jika bersilang atau disusul oleh kereta Kelas Eksekutif Argo.

Pada Kelas Eksekutif Satwa Kereta Api Gajayana, tersedia 50 tempat duduk yang disusun 2-2. Masing-masing tempat duduk dapat diputar dan diatur kemiringan sandarannya, serta dilengkapi dengan sandaran kaki di setiap kursinya. Kereta Api Gajayana menyediakan stop kontak, meja lipat, lampu baca, bantal, dan selimut di setiap kursi penumpang.

Kelas Luxury 2 (Sleeper Generasi Baru)

Kelas Luxury dibagi menjadi dua generasi, yaitu Luxury 1 dan Luxury 2. Luxury 2 memiliki kapasitas 26 kursi, sedangkan kereta Luxury 1 hanya memiliki 18 tempat duduk. Semua generasi Kereta Luxury memiliki fasilitas mewah layaknya kelas bisnis di pesawat.

Semua kursi memiliki fitur yang dapat direbahkan hingga 140 derajat secara elektrik, kursi yang dapat diputar 180 derajat, sandaran kaki elektrik, televisi, dan USB charging power source. Selain itu terdapat foldable food tray, bantal, selimut, handuk wajah, train attendant button, lampu baca, dan fasilitas mewah lainnya.

2) Kereta Api Brawijaya

Ingin liburan di Semarang, Malang, dan Jakarta dengan murah dan nyaman? Kamu dapat memilih opsi Kereta Brawijaya! Ini adalah salah satu kereta yang ditawarkan PT KAI yang melayani relasi Gambir – Malang via Blitar – Madiun – Semarang Tawang. Kereta Brawijaya menawarkan kelas kereta Eksekutif yang nyaman dan memiliki fasilitas lengkap. Kereta Brawijaya diluncurkan pada 10 Maret 2021 untuk mengganti rute kereta Bangunkarta dan kereta Bima.

kereta api brawijaya
kereta api brawijaya // google.com
Fasilitas Kereta Api Brawijaya

Secara keseluruhan fasilitas dari Kereta Api Brawijaya dari tahun ke tahun mengalami peremajaan yang semakin memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya. Mulai dari bentuk fisik kereta yang mulai memakai bahan stainless steel, hingga peningkatan fasilitas yang mencakup penambahan jumlah toilet, sandaran kaki yang lebih fleksibel, lampu tidur, lampu baca, meja mini, dan masih banyak lagi.

Brawijaya dilengkapi dengan CCTV, smoke-detector, dan jalur evakuasi yang dapat menyala dalam kondisi gelap. Semua fasilitas ini disediakan untuk menunjang keselamatan dan keamanan dari para penumpangnya. Selain fasilitas, Kereta Api Brawijaya juga memiliki kelas kereta yang bervariasi, berikut informasinya.

Kelas Eksekutif Kereta Api Brawijaya

Kelas Eksekutif merupakan kelas dengan harga termahal dari kereta Brawijaya. Fasilitas yang dimiliki dari kelas ini pun sepadan dengan harganya. Kamu akan mendapatkan fasilitas seperti tempat duduk yang nyaman, selimut, bantal, AC, televisi, rak bagasi, meja mini, reclining seat, rotary seat, toilet, dan stop kontak. Kelas Eksekutif Brawijaya mempu menampung sekitar 50 penumpang.

Nah kamu mau naik kereta api apa ?, sebaik sesuaikan dengan tujuan rencana perjalananmu ya gaesss. Enjoy traveling 🙂

Baca artikel lainya :