Mudahnya Merawat Bunga Kertas

peluang usaha bunga kertas

Bunga Kertas atau dikenal dengan nama Bougenville. Saat ini Bougenvile atau bunga kertas merupakan jenis tanaman bunga yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu bunga kertas menurut beberapa penelitian bisa membantu mengurai polusi udara di daerah perkotaan.

Perawatan bunga kertas tergolong sangat mudah, karena bunga kertas merupakan bunga yang tahan terhadap musim kemarau, tentunya ini tidak akan jadi masalah berarti saat musim kemarau, berikut ini beberapa tips perawatan bunga kertas atau bougenville :

1. Penyiraman 

Bougenville membutuhkan air yang banyak pada saat awal penanaman. Sama halnya dengan tanaman-tanaman lainnya yang membutuhkan nutrisi dari pasokan air di masa awal pertumbuhan. Akar yang baru tumbuh membutuhkan jumlah air yang banyak dibandingkan akar yang sudah tumbuh besar. Jadi ketika sudah tumbuh besar, bunga kertas ini akan mengalami fase dimana ia tidak membutuhkan air. Fase ini dinamakan ‘fase kering’.

Fase kering ini terjadi pada saat bougenville sudah mulai memperlihatkan kuncupnya yang siap berbunga. Pada saat itu, kurangi pemberian air, karena jika terlalu banyak diberi air, maka bunganya susah merekah. Namun fase kering ini tidak berlangsung lama. Hanya sekitar 3-4 hari saja sampai bunganya mekar seluruhnya. Pada saat mekar, maka bisa diberikan penyiraman lagi.

bunga kertas dalam pot
bunga kertas

2. Sinar Matahari

Bunga bougenville merupakan tanaman bunga yang membutuhkan banyak asupan sinar matahari. Yaitu sekitar 70% sinar matahari. Bahkan disaat matahari terik sekalipun. Maka dari itu, simpanlah bunga bougenville Anda pada tempat-tempat terbuka yang dapat terkena paparan sinar matahari secara langsung.

3. Pemupukan

Untuk pemupukan, bunga kertas tidak memerlukan pemupukan secara khusus. Hanya seperti tanaman-tanaman lain pada umumnya. Berikan secara berkala dalam jumlah yang sewajarnya saja. Walaupun bunga bougenville bisa tumbuh dimana-mana, namun tampilan bunga yang diberi pupuk jelas berbeda dengan yang tidak diberi. Bunga yang diberi pupuk akan tumbuh lebih lebat dan subur.

4. Pemangkasan

Bougenville bersifat rimbun. Jadi tanaman ini akan tumbuh dan berbunga dengan lebat. Maka dari itu, diperlukan pemangkasan agar tanamannya tidak bersulur kemana-mana. Dengan pemangkasan berkala, maka tampilan bunga bougenville bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Bisa dibuat bougenville bonsai atau dijadikan penghias pagar rumah. Selain mempercantik tampilan, pemangkasan terhadap bougenville juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bunga-bunga indah yang baru juga menjauhkanya dari penyakit-penyakit atau hama tanaman.

Nah buat kamu yang tertarik dengan bunga kertas, itu awal yang bagus, kenapa demikian ?

Bunga kertas selain bunganya yang mempesona ternyata juga mempunyai nilai ekonomi tinggi, ini tentunya bisa jadi pendapatan sampingan buat Anda yang suka merawat dan mengkoleksi tanaman.

Baca artikel lainya: