Mengenal Teknologi Prefabrikasi Karya Arsitek Meksiko

teknologi fabrikasi karya Miguel Angel Aragonés

Dikutip dari Arch Daily arsitek terkenal Meksiko Miguel Angel Aragonés mempresentasikan sepuluh tahun penelitian yang diwujudkan dalam proyek terbarunya yang berjudul “Casa PI” yang akronimnya diterjemahkan menjadi proyek konstruksi “prefabrikasi cerdas” . Dipatenkan di Swiss, sistem ini berusaha mendobrak paradigma perumahan dari desain integral yang menggabungkan struktur rumah dengan furnitur dan teknologi otomasi baru dalam arsitektur.

Asal usul inovasi ini berasal dari gagasan untuk menciptakan sistem konstruktif modular yang berkelanjutan, berkualitas tinggi, yang akan mempercepat waktu konstruksi, meningkatkan kinerja akustik dan termal, serta mengurangi biaya konstruksi dan pemborosan. Ini didasarkan pada penerapan teknologi, yang saat ini kita jalani setiap hari, dalam desain integral (karena rumah konvensional harus beradaptasi dengan kemajuan ini melalui fasilitas yang menghambat desain). 

Namun, “Casa PI” berusaha untuk memulai dari awal dengan berfungsi sebagai paviliun yang menunjukkan kemajuan momen tertentu dalam sejarah dengan menawarkan “perabotan untuk ditinggali” yang mengkonsumsi energi sesedikit mungkin.

PI adalah struktur yang bekerja baik secara vertikal (sebagai kolom), horizontal (sebagai kunci atau rantai), atau campuran, dan di mana potongan tambahan dilampirkan untuk mengintegrasikan konfigurasi akhir. Sistem konstruksi modular ini mengoptimalkan sumber daya dan mengurangi limbah. 

Dinding, berdasarkan panel yang tumpang tindih, adalah hasil akhir yang menutupi lapisan insulasi termal dan akustik. Instalasi listrik dan hidrolik dirancang dengan koneksi sekrup dan plug-in yang menghindari pekerjaan pengelasan dan koneksi yang rumit.

Cara ini menjamin kualitas konstruktif tertinggi dalam waktu singkat, memberikan berbagai manfaat langsung: tidak memerlukan pengecatan, anti air, atau pelapis anti korosi. Hal ini memungkinkan adaptasi sistem akustik termal yang mengurangi konsumsi energi untuk mencapai tingkat kenyamanan yang optimal, baik menggunakan sistem pendingin udara sentral atau tidak.

Mengenai perakitan, ia memilih aluminium sebagai bahan utama karena sifat efisiensi, ringan, daya tahan, dan kemungkinan daur ulang tanpa kehilangan sifat estetika dan strukturalnya.

Teknologi prefabrikasi ini memungkinkan modul 180m2 dapat dibangun hanya dalam 50 hari dan hanya dengan 8 orang tanpa memerlukan alat berat. Karena itu, tim desain menyoroti kemungkinan untuk dapat mengubah proyek menjadi rumah yang berubah dari minat sosial menjadi kemewahan melalui personalisasi.

Baca artikel lainya :

sumber referensi : archdaily.com