Mengenal Manfaat Garam Himalaya

Bunda dalam mengolah masakan sehari-hari tentunya tidak terlepas dari bumbu yang satu ini, yaitu garam. Hampir setiap masakan diberikan bumbu garam untuk menghilangkan rasa hambar. Bahkan garam sudah menjadi kunci dari cita rasa masakan yang sedap dan lezat.

Garam yang banyak digunakan untuk memasak biasanya adalah garum dapur, yaitu kristalan NaCl (Natrium Clorida) yang dihasilkan oleh air laut. Ada juga garam yang cukup terkenal karena memiliki kandungan mineral yang tinggi, yaitu garam Himalaya. Garam ini berasal dari kaki pegunungan Himalaya di kawasan pertambangan garam Khewra, Pakistan.

Ciri khas garam Himalaya dapat dilihat dari warnanya yang bewarna merah muda dan berbentuk kristal-kristal kecil yang berasal dari zat besi. Di dalam proses pengolahannya, garam Himalaya tidak melalui proses pemurniaan seperti garam dapur, sehingga dianggap lebih alamiah dan memiliki kandungan zat kimia yang sangat sedikit.

Garam Himalaya // Foto : Tokohinspiratif

Perbedaan paling mendasar antara kedua garam tersebut yaitu garam dapur memiliki lebih banyak kandungan natrium, sementara garam Himalaya mengandung lebih banyak zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium. Namun, perlu diingat bahwa dalam mengkonsumsi garam sebaiknya sesuai kadar natrium yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu sekitar 5 gram per hari / 1 sendok teh (WHO).

Garam berperan dalam mengatur kontraksi otot, mengatur keseimbangan cairan dan elekrolit, dan memperlancar hantaran aliran listrik pada saraf. Kandungan garam Himalaya yang kaya akan mineral ini diperlukan oleh tubuh, karena setidaknya terdapat 80 jenis mineral di dalamnya.

Garam Himalaya juga dapat berfungsi untuk menyeimbangkan pH di dalam tubuh. Penyeimbangan pH dilakukan agar sistem kekebalan tubuh menjadi kuat dan tidak mudah sakit. Namun semua itu harus dilakukan dalam takaran yang tepat.

Harga garam Himalaya dan garam dapur di pasaraan juga berbeda jauh. Misalnya 500 gram garam Himalaya dihargai sekitar Rp. 30.000,00 sementara garam dapur sekitar Rp.5000,00. Keduanya memiliki khasiat yang bermanfaat bagi tubuh dan sama-sama dapat digunakan sebagai penyedap masakan.

Baca juga yuk artikel lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published.