Mengenal Feng Shui Pada Rumah

Istilah Feng Shui

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing dengan istilah Feng Shui, sebuah filosofi tentang energi alam semesta yang berasal dari negeri Tiongkok. Filosofi Feng Shui sudah ada sejak 6000 tahun silam. Secara harfiah Feng Shui berarti angin dan air yang mempelajari pengaruh energi alam semesta terhadap lingkungan sekitar pada suatu bangunan.

Pada lingkungan perkotaan dan perumahan penggunaan Feng Shui tidak jarang menjadi perhatian sebelum melakukan pembangunan. Jika dikaitkan dengan peletakan posisi ruangan tertentu pada rumah maka ada benarnya juga aturan-aturan dalam Feng Shui. Oleh karenanya, banyak pembangunan rumah yang tiap sudut ruangannya mengaplikasikan konsep ini dengan tujuan untuk mencapai hidup yang seimbang.

Sekarang ini Feng Shui juga digunakan untuk desain tata kota, keberadaan bangunan-bangunan pada jalur lintasan perkotaan akan membentukan energi pergerakan. Dalam teori urban design terdapat 5 aspek yang mempengaruhi bentuk perkotaan, seperti: path, edges, nodes, district, dan landmark. Pembahasan lebih lanjut mengenai feng shui perkotaan akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Mengenal Yin dan Yang

Yin dan Yang // Foto : Pinterest.com

Seperti diketahui Yin dan Yang merupakan dua energi yang mengisi alam semesta, keduanya saling melengkapi bagaikan gelap dan terang. Yin memiliki karakter yang pasif (feminin, gelap, dan negatif) sedangkan Yang memiliki karakter kuat (maskulin, cerah, dan positif).

Yin dan Yang kaitannya dengan rumah adalah energi Yin dapat dihadirkan melalui relaksasi dan air, sementara Yang dapat dihadirkan dengan lampu-lampu terang dan penggunaan warna cerah. Menurut filosofi keduanya harus seimbang dihadirkan di dalam rumah agar kehidupan menjadi nyaman dan tenang.

Elemen Feng Shui

Elemen Feng Shui // Foto : Flower Shop Network

Terdapat 5 elemen Feng Shui meliputi air, kayu, api, bumi, dan metal. Penempatan elemen ini dapat diterapkan pada rumah dengan menyediakan ruang terbuka yang luas di rumah dan menghindari perabotan yang tidak penting.

Kemudian gunakan warna-warna cat tembok yang memberikan kesan tenang dan nyaman. Lalu ada aliran air di sebuah ruangan agar jiwa terasa lebih rileks seperti air yang mengalir. Di dalam rumah juga perlu disediakan unsur kaca agar dapat memberikan kesan positif saat setiap kali berada di depan kaca.

Feng Shui untuk Menciptakan Rumah Nyaman dan Tenang

Penataan Pintu Utama

Pintu merupakan akses utama masuk ke dalam rumah, dalam Feng Shui akses masuk atau “chi” merupakan energi positif. Pintu utama tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu belakang karena energi positif yang masuk dapat langsung keluar tanpa terlebih dahulu diserap oleh ruangan.

Kemudian pintu utama juga sebaiknya tidak berhadap langsung dengan toilet atau kamar mandi. Hal ini karena toilet memberikan energi negatif dan memberikan kesan yang kurang nyaman saat memandangnya. Hindari pintu utama yang berhadapan langsung dengan cermin karena dapat menarik energi positif.

Pintu Rumah // Foto 99.co

Penataan Tangga

Untuk memaksimalkan agar Feng Shui bekerja dengan baik, hindari peletakan tangga di tengah ruangan. Hal ini akan menganggu sirkulasi dan pergerakan orang agar lebih leluasa. Selain itu, hindari juga terdapat lebih dari satu tangga di dalam rumah.

Peletakkan Toilet

Pada Feng Shui rumah, toilet merupakan energi negatif sehingga terdapat beberapa hal yang perlu dihindari. Jangan meletakan toilet yang berdekatan langsung dengan dapur, tempat ibadah, dan kamar tidur agar tidak memberikan energi negatif.

Posisi Kamar Tidur

Letak kamar tidur utama merupakan bagian yang menjadi perhatian utama di dalam membangun rumah. Penataan kamar tidur yang baik akan memberikan kenyamanan dan menambah keharmonisan penghuni rumah. Pada Feng Shui rumah letak kamar tidur yang perlu di hindari adalah di atas garasi dan di atas loteng. Lokasi tersebut dianggap kurang proporsional dan kurang seimbang sehingga perlu dihindari.

Hindari Sudut Runcing di Dalam Rumah

Sudut runcing dianggap berbahaya terutama bagi anak-anak. Oleh karenanya, biasanya sudut runcing selalu ditutupi dengan lapisan lainnya agar tidak berbahaya. Sudut runcing mudah ditemukan pada ujung meja makan yang terbuat dari kaca, meja tamu, dan berbagai furnitur.

Berdasarkan Feng Shui rumah dengan menerapkan dan menghindari hal-hal yang sudah disebutkan di atas maka diharapkan rumah dapat seimbang dan memiliki energi positif sehingga berdampak pada kenyamanan penghuni rumah.

Yuk baca juga artikel lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.