Membuat Kerajinan Tangan Dengan Bambu

jual murah bambu wulung

Bambu selain bisa digunakan sebagai bahan bangunan, bambu juga banyak digunakan sebagai bahan dasar kerjinan tangan. Di Indonesia yang masuk dalam negara tropis, mencari pohon bambu bukan hal yang sulit, hampir disetiap tempat kamu bisa menjumpai pohon bambu dengan beraneka macam jenis.

Namun tak semua jenis bambu bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan. Tak berarti sama sekali tidak bisa, hanya saja dinilai dari segi kualitasnya, terdapat setidaknya dua jenis bambu yang cocok untuk kerajinan tangan. Apa saja itu?

Bambu Tali (Gigantochloa apus)

Bambu tali disebut juga dengan nama bambu apus, pring tali, atau awi tali. Bila dilihat dari bentuk tanamannya, bambu tali berbentuk rumpun yang rapat dan bisa tumbuh mencapai 20 meter.

Alasan bambu tali dimanfaatkan menjadi bahan kerajinan tangan adalah, karena bambu tali mempunyai batang yang kuat, lurus, dan juga liat (lentur). Karena kualitasnya yang baik, bambu jenis ini juga digunakan sebagai bahan baku alat musik.

Bambu Wulung (Gigantochloa atroviolacea)

Bambu wulung dikenal juga dengan bambu hitam, pring wulung, pring ireng, atau awi hideung bila di Sunda. Sudah jelas, bambu wulung mempunyai warna yang sedikit kehitaman.

Di daerah Jawa Barat, kita mengetahui alat musik angklung. Nah, tahukah kamu, sebenarnya bahan baku pembuat angklung adalah bambu wulung. Selain angklung, alat musik gambang dan calung juga dibuat menggunakan bambu wulung.

bambu wulung
bambu wulung

Selain itu, bambu wulung bisa juga digunakan sebagai bahan mebel dan bahan kerajinan tangan lainnya. Pernah melihat jenis anyaman bambu yang mempunyai corak anyaman gelap dan terang? Nah, corak anyaman yang gelap itu merupakan jenis bambu wulung.

Macam-macam Kerajinan Tangan dari Bambu

Pot Tanaman

Dengan warna naturalnya yang menonjol, yaitu hijau ataupun kuning, bambu bisa memberikan sensasi warna kontras bagi warna-warni tanaman yang ada di dalamnya. Produk kerajinan tangan dari bahan bambu satu ini memberikan pilihan bagi kamu untuk menambah keindahan warna-warni tersebut tak hanya pada permukaan tanah, tapi juga di udara.

Caranya yaitu dengan membelah batang bambu berukuran besar kemudian isilah dengan tanaman kecil yang warna-warni agar mencapai keindahan yang sebenarnya.

Lonceng Angin

Salah satu perlengkapan spesial dari genta/lonceng bambu ini yaitu suara unik yang dihasilkan. Lonceng dari bambu adalah salah satu kerajinan tangan dari bahan bambu mempunyai suara yang jauh lebih lembut dibanding lonceng angin yang dibuat dari besi.

Lampu Taman

Batang bambu yang lurus dan kuat menjadikannya cocok dibuat sebagai tiang lampu untuk penerangan outdoor. Kamu dapat memasangnya di sekitar halaman atau di pinggir kolam renang.

Bingkai Foto

Jika kamu ingin memberikan sebuah ruangan kesan yang serba bambu, cobalah untuk membingkai foto atau lukisan yang ada di dalam ruangan tersebut menggunakan bingkai foto yang dibuat dari bambu.

Tak seperti bingkai foto kayu dengan banyak ukiran yang harganya selangit, bingkai foto bambu biasanya mempunyai harga yang relatif murah dibanding bingkai-bingkai dengan bahan kayu ataupun aluminum.

Bingkai Cermin

Siapa sih yang tak suka bercermin? Walaupun tak menjadi hobi, namun cermin penting sekali, sebab tentunya kita harus memastikan penampilan kita menarik sebelum bepergian. Nah, bambu ini dapat kamu manfaatkan sebagai bingkai cermin supaya aktivitas bercerminmu menjadi tak membosankan.

Tempat Lilin

Warna kayu bambu yang alami bisa menjadi sangat indah jika dipadukan dengan cahaya alami dari api lilin. Cukup memotong bambu berukuran lebar dan menaruh lilin kecil di dalamnya.

Lampu Hias

Memang terdengar lucu; jika zaman dahulu, orang menggunakan tanaman bambu untuk tempat obor, sekarang orang menggunakan tanaman bambu juga sebagai alat penerangan, yakni lampu hias.

Boneka

Jepang memang mempunyai banyak inovasi, tak cuma dalam hal teknologinya namun juga dalam hal kerajinannya, salah satunya yaitu boneka bambu, pada umumnya para wisatawan  negeri sakura Jepang senang membeli oleh oleh  boneka yang terbuat dari bambu, boneka ini merupakan boneka yang terbuat dengan cara dipotong miring untuk menghasilkan efek sebuah lembaran baju.

Boneka bambu  di Jepang dibuat karena berhubungan dengan ritual/festival boneka  yang dinamakan  Hinamatsuri yang diadakan setiap tanggal 3 Maret.

Kaligrafi

Mustamil asal Jombang sukses megubah bambu menjadi karya seni kaligrafi bernilai ekonomi tinggi. Karena unik dan berestitka, hasil buatannya banyak dicari orang dan cepat berkembang. Saat ini pangsa pasarnya tak cuma di Jombang atau wilayah Jawa Timur saja, melainkan berbagai daerah di luar Jatim. Bahkan, dapat menembus pasar manca negara yaitu Eropa dan Asia.

Lampu Kamar

Dengan harga yang cukup rendah, dan desain yang unik serta ada kesan mewah, membuat permintaan pasar akan lampu kamar dari bambu ini kian meningkat. Ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan di kalangan para pengerajin bambu.

Payung

Pembuatan payung tradisional tetap mempertahankan bahan dasarnya yakni Bambu dan Kertas atau Kain. Hal itu dilakukan meskipun payung peninggalan leluhur sudah mengalami banyak perubahan dalam proses pembuatannya.

Sekarang ini pembuatan payung telah menggunakan mesin-mesin seperti pemotong bilah bambu, mesin pengepress, dan lainnya untuk memudahkan dan memperbanyak hasil produksi, serta bisa mempercerpat pembuatan payung.

Tatakan Meja

Cara membuat tatakan meja cukup mudah. Kerajinan tangan dari bambu satu ini memanfaatkan berbagai jenis bahan yang berbeda untuk menghasilkan variasi warna yang indah. Potong semua batang bambu ini menjadi ukuran yang sama, kemudian susun dengan padat dan diikat erat, dan letakkan kaca di atasnya dan di lem.

Baca artikel lainya :