Gunung Prau Dieng Tempat Melepas Penat Akhir Pekan

gunung prau dieng wonosobo

WFH yang terlalu lama ternyata menambah beban kepenatan yang berakibat pada rasa bosan dirumah, hal bila berlangsung lama bisa mengakibatkan meningkatnya rasa baper yang berlebihan.

Gunung Prahu atau yang lebih dikenal dengan Gunung Prau merupakan destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Dieng. 

Gunung Prau Dieng memiliki daya tarik yang membuatnya tak pernah sepi oleh pengunjung. Bagaimana tidak?

Berbagai pesona alam khas pegunungan yang disuguhkan Gunung Prau sebagai salah satu landmark Dataran Tinggi Dieng sangat menakjubkan dan unik.

Rasanya rugi sekali jika berlibur ke Dieng tanpa mengunjungi Gunung Prau.

A) Letak dan Lokasi Gunung Prau Dieng

Berada di ketinggian 2.565 mdpl, Gunung Prau menjadi gunung tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Secara administrasi lokasi Gunung Prau Dieng memanjang meliputi lima kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal.

Di setiap kabupaten ini terdapat jalur-jalur pendakian yang sudah biasa ditempuh.

B) Medan dan Akses Pendakian Gunung Prau Dieng

Akses menuju Gunung Prau cukup mudah. Anda bisa memulainya dari desa-desa yang menjadi basecamp awal pendakian.

Medan atau trek pendakian Gunung Prau juga tergolong cukup ringan dan cukup gampang ditempuh oleh pendaki pemula.

Kawasan Gunung Prau yang sebagian besar ditutupi oleh rerumputan dan semak belukar menjadikan medannya cukup aman.

Tidak banyak pepohonan tinggi yang akan menutupi pemandangan. Jalan setapak menuju puncak tidak terlalu menanjak sehingga menjadikannya tidak terlalu sulit dan tidak terlalu menguras tenaga.

Lagipula tak ada kata sulit jika tekad sudah bulat. Anda hanya perlu mengikuti jalur yang sudah sering ditempuh dengan tetap berhati-hati menjaga diri.

C) Jalur Pendakian Gunung Prau

Ada beberapa jalur yang bisa Anda gunakan untuk mencapai Gunung Prau. Jalur yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Jalur Dieng dan Jalur Patak Banteng.

Kedua jalur ini banyak dipilih para pendaki karena medan di kedua jalur ini cukup ringan dan jarak tempuhnya lebih pendek, yaitu 3-4 jam saja.

Di antara dua jalur terkenal ini, Jalur Patak Banteng adalah jalur yang favorit para pendaki. Seperti namanya, basecamp atau titik awal pendakian Jalur Patak Banteng ini adalah dari Desa Patak Banteng.

Dengan jalur ini hanya dibutuhkan waktu 2-3 jam pendakian. Sebelum mencapai puncak ada tiga pos peristirahatan yang akan Anda temui.

Pendakian dimulai dari Desa Patak Banteng dengan melewati tangga beton yang disebut Ondo Sewu atau tangga seribu menuju Pos 1 yang disebut Pos Sikudewo.

Dari pos I ini menuju Pos 2 terdapat jalan setapak menanjak yang dipasangi teralis baja untuk memudahkan pendakian.

Setelah sampai di Pos 2 yang disebut Pos Cangal Walangan, para pendaki bisa beristirahat sejenak di Pos 2 ini sambil menikmati keindahan Telaga Warna.

Telaga warna di kelilingi gunung-gunung tinggi di kejauhan dihiasi hamparan lahan pertanian di kaki dan lereng gunung. Sebelum melanjutkan perjalanan jangan lupa menyetok persediaan air.

Setelah puas beristirahat, para pendaki melanjutkan pendakian ke Pos 3 atau Pos Cacingan.

Menuju Pos 3 para pendaki diharapkan berhati-hati karena medan yang licin dan di kiri-kanan jalan setapak ditumbuhi oleh pepohonan yang cukup besar dan tinggi.

Namun, jangan khawatir, dijalur ini telah banyak jejak-jejak pendaki yang akan membantu para pendaki menuju Pos 3. Selain itu, perjalanan menuju Pos 3 sangat menyenangkan karena cuacanya yang sangat sejuk.

Anda juga bisa menyaksikan sunset diperjalanan jika hari telah beranjak senja. Sesampainya di Pos 3 ini Anda bisa mengisi perut dan beristirahat lagi sebelum menuju Puncak.

Perjalanan menuju Puncak Prau tidak terlalu jauh namun menanjak. Hati-hati melewati jalur ini karena medannya berbatu dan terdapat jurang yang cukup dalam di kiri-kanan jalur.

Dalam waktu 45 menit Anda akan sampai di area camping, tepatnya di kawasan Bukit Teletubbies. Area yang cukup luas, datar, dan aman untuk camping.

Woww tanpa terasa kita telah sampai di puncak prau, yuks kapan kita pergi bareng, ajak kawan dan teman-teman kantor.

Semoga pandemi ini cepat berakhir, supaya kita bisa beraktifitas lagi menjelajahi negeri Indonesia yang indah ini.

Baca artikel lainya :