Genteng Panel Surya Generasi Ketiga Produksi Tesla

Tesla Solarglass

Siapa sih yang nggak kenal Tesla, perusahaan asal negeri paman sam ini adalah salah satu produsen terkenal mobil listrik terkemuka di dunia, tidak hanya memproduksi mobil listrik ternyata Tesla juga memproduksi genteng panel surya generasi ketiga.

Inovasi terbaru Tesla dalam inovasi genteng panel surya versi ketiga sedang dikembangkan oleh perusahaan besutan Ellon Musk. Produk energi bersih ini, kata Musk akan terus meningkatkan produksinya hingga akhir tahun ini.

“Kami sekarang pada versi tiga dari atap genteng surya, dan kami berharap untuk meningkatkan produksi atap genteng surya secara signifikan akhir tahun ini,” kata Musk akhir April lalu di Palo Alto, California.

Musk telah mendaftarkan atap surya sebagai contoh bagaimana Tesla membuat janji besar dan akhirnya mewujudkannya. Musk mendemonstrasikan atap surya sebagai bagian dari visinya “rumah masa depan” sejak November 2016.

Baca juga: Penerapan artificial intelegence pada toko bangunan

Tesla telah mengungkapkan versi tiga perubahan ini pada Januari lalu. Perusahaan menyatakan akan menggunakan kemampuan manufaktur yang ditingkatkan secara signifikan untuk meningkatkan produksi berdasarkan iterasi desain dan pengujian yang sedang berlangsung.

Tesla Solar roof hero
Tesla Solar roof hero

Musk menyatakan pada bulan Maret di acara peluncuran Model Y SUV bahwa tahun 2019 akan menjadi tahun Solar Roof dan Powerwall. “Karena tantangan ekstrim dengan produksi Model 3, kami pada dasarnya harus mengalokasikan semua sumber daya untuk produksi Model 3 karena jika tidak, kita akan mati.”

Musk mengumumkan pada Agustus 2017 bahwa dia dan Jeffrey B. Straubel, Chief Officer Technology Tesla, telah memasang genteng ini di atap mereka. Sementara beberapa pembeli seperti Amanda Tobler dan Tri Huynh menerima pengiriman pada awal 2018, sebuah laporan Reuters mengklaim perusahaan telah memasang hanya 12 atap pada bulan Mei tahun itu.

Baca juga: Cara mengoverlay peta RT/RW dengan penggunaan lahan

Daya tahan adalah elemen kunci dari atap genteng ini. Tesla menawarkan garansi “tak terbatas” pada ubin genteng itu sendiri dan garansi 30 tahun pada aspek listrik produk. Keempat gaya ubin menggunakan kaca temper yang tiga kali lebih kuat dari aspal.

Tesla merekomendasikan campuran 35 persen ubin surya pada $ 42 per kaki persegi versus 65 persen ubin non-surya pada $ 11 per kaki persegi, menghasilkan harga $ 21,85 per kaki persegi untuk ubin.

Atap 2.000 meter persegi milik Tobler berharga $ 50.000 dan menghasilkan 9,85 kilowatt, memberi makan satu baterai Powerwall. Ini merupakan prospek yang menarik, terutama untuk pembangun rumah baru.

Wah asik juga ya sahabat property145, kalau atap rumah kita sudah pakai genteng dari tesla ini, pastinya kita tidak hanya akan hemat listrik tapi juga mungkin bisa jualan energi listrik.

Baca artikel lainya :