Berbagai Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

bws mata gerinda potong

Mesin gerinda adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah/memotong ataupun menggerus benda kerja dengan tujuan atau kebutuhan tertentu.

Prinsip kerja dari mesin gerinda adalah batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan.

Terdapat 10 jenis mata gerinda dan fungsinya yang berbeda-beda. Setiap mata gerinda di buat khusus untuk bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu, berikut ini 10 jenis mata gerinda yang saat ini tersedia di pasaran :

1. Mata Gerinda Amplas 
mata gerinda amplas
mata gerinda amplas // google image

Sesuai namanya, amplas gerinda berfungsi untuk menghasilkan finishing permukaan yang halus dan rata. Biasanya digunakan untuk permukaan logam dan kayu. Terdapat dua jenis amplas gerinda, yaitu flap disc dan fibre disc.
 

2. Mata Gerinda Asah Spons (Grinding Wheel Sponge)

Jenis mata gerinda lainnya adalah mata gerinda asah spons. Mungkin Anda termasuk yang jarang melihat jenis ini. Biasanya mata gerinda asah spons digunakan untuk menghaluskan serta mengkilapkan permukaan batu granit dan marmer.

mata gerinda asah woven
mata gerinda asah woven // foto teknikmart

Ketika mata gerinda ini digunakan, ada proses pemotongan dan pengikisan yang terjadi. Terkadang hasilnya memang membuat marmer dan granit tidak mengkilap. Itulah mengapa dalam penggunaannya, harus lebih hati-hati dan perlahan.
 

3. Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel)
mata gerinda asah (grinding wheels)
mata gerinda asah (grinding wheels) // google image

Mata gerinda asah menjadi bagian dari gerinda yang paling sering dibutuhkan dan digunakan untuk pengerjaan logam. Kemampuan mata gerinda ini adalah mengikis permukaan logam. Dari baja, besi, hingga stainless steel.
 

4. Mata Gerinda Tembok (Diamond Turbo Wheel)
mata gerinda tembok
mata gerinda tembok // google image

Selanjutnya ada mata gerinda tembok yang berfungsi untuk menghasilkan permukaan lebih rata. Mata gerinda ini mampu mengikis sisi granit agar menciptakan lekukan sesuai pola. Selain digunakan untuk granit, biasanya digunakan juga untuk mengikis permukaan semen dan tembok.
 

5. Mata Batu Gerinda Potong (Cutting Wheel)
bws mata gerinda potong
bws mata gerinda potong // foto mbizmarket

Mata batu gerinda potong memiliki bentuk yang cukup berbeda dibandingkan jenis lainnya. Bentuknya datar dengan ketebalan dari 3 mm hingga 8 mm. Fungsi dari mata gerinda ini adalah melakukan pemotongan pada logam, baja, besi, dan stainless steel.
 

6. Mata Gerinda Wool Polishing (Wool Polishing)
mata gerinda wool polishing wheels
mata gerinda wool polishing wheels // google image

Mata gerinda ini cukup enak karena memiliki bahan wool yang berfungsi untuk memoles baret di permukaan bodi mobil. Tentunya dibantu juga dengan cairan penghilang goresan atau wax yang cukup banyak dijual pada saat ini.
 

7. Mata Gerinda Fleksibel (Flexible Grinding)
mata gerinda flexible grinding
mata gerinda flexible grinding // google image

Mata gerinda fleksibel memiliki bentuk fisik seperti batu gerinda asah, namun lebih tipis. Fungsi dari mata gerinda adalah untuk mengikis permukaan logam yang berada di area sempit atau terbatas.
 

8. Mata Gerinda Asah Woven (Non Woven Nylon Wheel)
mata gerinda asah woven
mata gerinda asah woven // foto teknikmart

Gerinda asah woven atau non woven nylon wheel merupakan jenis mata gerinda polishing, yang juga memiliki fungsi sebagai menghaluskan dan mengkilapkan benda sama seperti mata gerinda asah spons. Namun yang membedakannya adalah material benda yang di kerjakan.

Bila mata gerinda asah spons material yang dipolishing atau difinishing adalah batu, sedangkan mata gerinda non woven untuk mefinishing material seperti logam, besi, stainless steel dan alumunium.

Perlu Anda ketahui mata geridan non woven ini bukan digunakan untuk mempolishing atau mengkilapkan material benda kerja melainkan hanya mefinishingkannya saja, bisa mengkilapkan tapi hanya sedikit saja karena dapat mengikis lapisan logam tersebut.
 

9. Mata Gerinda Sikat (Steel Wire Brush)
mata gerinda sikat
mata gerinda sikat // google image

Dari namanya sudah terlihat bahwa mata gerinda sikat berguna untuk membersihkan permukaan logam dari kotoran, semacam kerak, karat, seta oksidasi yang terjadi. Mata gerinda ini juga bisa mengupas lapisan kulit luar kayu. Ada dua bentuk dari jenis ini, yaitu berbentuk rata dan mangkuk.

10. Mata Gerinda Pisau Potong Keramik (Diamond Wheel)
mata gerinda potong keramik
mata gerinda potong keramik // foto shopee

Mata gerinda pisau potong keramik memang fokus untuk digunakan dalam pemotongan keramik. Ada jenis basah dan kering dengan perbedaan cara penggunaan. Untuk jenis basah, perlu menggunakan air sebagai media pendinginan. Sebaliknya, jenis kering tidak memerlukan air.

Baca artikel lainya :

** artikel ini dirangkum dari berbagai sumber