8 Jenis Ubi Jalar Punya Nilai Ekonomis Tinggi

lezatnya ubi cilembu

Ubi jalar merupakan makanan pokok yang sudah cukup terkenal sejak ratusan tahun yang lalu, dikawasan nusantara ini tumbuh berbbagai macam jenis ubi jalar. Berikut ini 8 jenis ubi jalar yang sering kamu jumpai:

Ubi Jalar Ungu

lezatnya ubi jalar ungu
lezatnya ubi jalar ungu

Ubi jalar ungi memiliki daun yang berwarna ungu, memiliki kulit dan warna daging berwarna ungu. Ubi jalar ungu mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20 persen. Dia juga merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ditambah dengan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Ubi Jalar Kuning/oranye

Warna kuning atau oranye pada umbi disebabkan oleh adanya senyawa betakaroten yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat berfungsi sebagai provitamin A. Disamping itu, betakaroten juga dilaporkan dapat memberi perlindungan atau pencegahan terhadap kanker, penuaan dini, penurunan kekebalan, penyakit jantung, stroke, katarak, sengatan cahaya matahari, dan gangguan otot

Ubi Jalar Putih

Ubi jalar ini dapat dikenali dari kulitnya yang berwarna coklat dan isinya yang tentu saja berwarna putih. Ubi yang memiliki tekstur agak rapuh ini memiliki kandungan beragam nutrisi seperti manfaat protein, manfaat serat berupa pektin, hemiselulosa, dan selulosa, kaya manfaat karbohidrat, manfaat antioksidan, betakaroten, kalsium, manfaat zat besi, manfaat fosfor, manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, manfaat vitamin E, manfaat magnesium, dan manfaat kalium.

Selanjutnya baca artikel berikut ini :

Ubi Jalar Kalasan

Ubi yang banyak dibudidayakan di daerah kering dan basah ini memiliki potensi hasil 31,2-42,5 ton/ha atau rata-rata 40 ton/ha. Ubi ini memiliki rasa agak manis, tekstur sedang dan agak berair. Jenis ini cocok ditanam didaerah kering sampai basah, dan dapat beradaptasi dilahan marjinal.

Ubi Jalar Cilembu

manisnya cuan umbi cilembu

Budidaya ubi ini memiliki potensi hasil antara 20 ton/ha, umur panen 5-7 bulan, warna daging mentah krem kemerahan/kuning, rasa enak, manis dan bermadu, bentuk umbi panjang, bobot bahan kering/rendeman umbi tinggi, tahan terhadap penyakit kudis/scab, dan hama lanas/penggerek, cocok ditanam pada lahan sawah tadah hujan setelah tanaman padi pada elevasi 800-1000 m dpl.

Ubi Jalar Sari

Potensi hasil antara 30-35 ton/ha, umur panen 3, 5-4 bulan, warna daging umbi kuning tua, rasa umbi enak dan manis, agak tahan terhadap hama boleng dan tahan hama penggulung daun, tahan terhadap penyakit kudis, bercak daun.

Ubi Jalar Boko

Potensi hasil antara 25-30 ton/ha, umur panen 4-5 bulan, warna daging umbi krem, rasa umbi enak dan manis, tahan terhadap hama boleng, dan penggulung daun dan tahan terhadap penyakit toleran kudis, dan bercak daun.

Dari beberapa jenis ubi diatas, mana yang jadi favorit kamu ?, kalau aku sih ubi jalar cilembu

Baca artikel lainya :