7 Alat Transportasi Tradisional Yang Masih Ada

andong yogyakarta

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pulau terbanyak dan jumlah populasi penduduk yang besar. Lebih dari 300 suku dan bahasa ada di Indonesia, tentunya hal ini mempengaruhi keberagaman sarana transportasi di masing-masing daerah.

Budaya dan adat istiadat yang beragam membuat sarana-sarana transportasi maslalu pun sangat beragam diberbagai daerah. Di beberapa daerah nama transportasinya ada yang memiliki kesamaan namun dengan bentuk yang berbeda. Inilah yang menjadi salah satu kekayaan khas indonesia.

Transportasi tradisional dari masa-kemasa telah mengalami banyak perubahan untuk menyesuaikan kebutuhan zaman. Diera masyrayakat yang mendewakan teknologi sekarang ini di beberapa daerah masih ada sarana transportasi unik yang menjadi bagian dari kekayaan daerah tersebut. Berikut ini 7 transportasi tradisional dan semi modern yang ada di berbagai daerah :

1. Cidomo (Lombok)

transportasi tradisional cidomo
transportasi tradisional cidomo

Ada yang pernah denger Cidomo?, Kalau orang sekitar Lombok mah nggak asing ya sama kata tersebut. Cidomo adalah alat transportasi darat dari Lombok. Bentuknya adalah gerobak kecil yang ditarik oleh seekor kuda mini. Selain wisatanya yang keren, Lombok juga masih mempertahankan transportasi tradisional juga ya yang cukup banyak diminati oleh para penikmat wisata dikawasan lombok.

2. Andong (Yogyakarta)

andong yogyakarta
andong yogyakarta

Kalau kamu liburan di Jogja pasti kamu bakal sering nemuin ini nih. Andong adalah alat transportasi tradisional di Yogyakarta. Biasanya yang rame andong adalah di sekitar jalanan Malioboro. Para supir andong biasanya menggunakannya untuk mengantar pendatang berkeliling Malioboro. Andong ini mirip dengan Cidomo, bedanya hanya terletak pada jumlah ban dari gerobak yang ditarik. Cidomo memiliki 2 bang pada gerobak, sedangkan andong memiliki 4 ban pada gerobaknya.

3. Becak (Semarang)

becak semarang
becak semarang

Kalau nama becak pasti kamu nggak asing kan. Sepeda ontel dengan modifikasi di bagian depan untuk mengangkut penumpang sampai saat ini juga masih banyak digunakan di berbagai daerah, salah satunya di Semarang. Keliling Lawang Sewu naik becak dan berhenti tepat di depan pintu masuk Kampung Pelangi menjadi kenikmatan tersendiri bagi pengguna becak.

Selanjutnya baca artikel berikut ini :

4. Bentor (Medan)

bentor medan
bentor medan

Kalau yang satu ini alat transportasi khas Medan nih. Bentor, singkatan dari becak dan motor. Ya emang bentuknya seperti becak, tapi supirnya tidak lagi mengayuh sepedanya karena becak ini memakai mesin motor. Gara-gara perkembangan zaman, ternyata transportasi juga mengalami perkembangan meskipun tetap mempertahankan unsur tradisionalnya..

5. Bendi (Bukittinggi)

bendi bukit tinggi
bendi bukittinggi

Bendi, sebuah transportasi tradisional darat daerah Bukittinggi. Kalau kamu berlibur ke Bukittinggi dengan tujuan melihat jam gadang saja, liburanmu akan terasa kurang jika tidak menjajal naik bendi. Bendi biasanya digunakan untuk mengajak penumpang berkeliling di sekitar jam gadang dan menikmati sejuknya kota Bukittinggi.

6. Bentor (Maluku)

bentor maluku
bentor maluku

Jika kamu berlibur ke Maluku, pasti kamu menjumpai transportasi tradisional yang satu ini. Emang mirip sih sama bentor dari Medan, tapi ada yang membedakan lho!

Kursi supir bentor Maluku ini berada di belakang penumpangnya. Hal tersebut juga membuat supir merasa kesusahan ketika berbelok karena terasa lebih berat. Tapi hal itu tidak menjadi masalah bagi mereka untuk melestarikan transportasi tradisional ini. Selain itu bentor di Maluku ini penuh dengan modifikasi dan musik lho. Berasa lagi karaokean ini mah.

7. Ontang Anting (Bandung)

ontang anting kawah putih
ontang anting kawah putih

Belum pernah denger sebutan transportasi ini?

Ontang anting itu adalah sebuah transportasi yang cuma ada di Kawah Putih, Ciwedey. Bentuknya kayak angkutan pada umumnya, namun di sisi kiri bisa dilihat kalau terdapat 3 lubang pintu. Tapi tenang aja guys, dijamin aman kok kalau naik ini. Nah kalau kamu ke Kawah Putih tidak perlu bingung untuk transportasinya karena udah ada si Ontang Anting yang siap mengantarmu sampai tujuan.

Baca artikel lainya :