6 Objek Wisata Pantai Kebumen Wajib Dikunjungi

pantai petanahan kebumen

Kebumen merupakan kabupaten yang terleltak di pesisir selatan jawa, tepatnya di provinsi Jawa Tengah. Sebagian besar wilayah kabupaten kebumen di kelilingi oleh pantai, pantai juga menjadi salah satu tempat wisata andalan kota kebumen.

Berikut ini beberapa wisata pantai yang menjadi andalan kota kebumen :

1) Pantai Menganti

Akses menuju pantai ini memang tak mudah, tapi semua itu akan terbayar tuntas ketika kita sampai tujuan. Di sana tersedia pantai pasir putih, bukit yang ditumbuhi rerumputan, karang-karang besar pemecah ombak.

Tak heran jika Menganti disebut sebut sebagai pantai terindah di Jawa Tengah. Bahkan bisa membuat orang ketagihan untuk datang kembali.

pantai menganti kebumen
pantai menganti kebumen

Lokasinya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sekitar 42 Km dari Alun-alun Kebumen.

Sebelum sampai di pantai, pengunjung bisa berhenti di Banjaran. Ini adalah spot foto untuk bisa menikmati keindahan Pantai Menganti dari puncak. Wisatawan bisa duduk beristirahat sebelum kembali melanjutkan perjalanan sambil melihat panorama hijau.

Setelah melewati puncak, pengendara akan melewati turunan tajam menikung dengan aspal bergelombang dan kadang berlubang. Pengemudi mesti menurunkan kecepatan maksimal hingga 20 Km per jam.

Bahkan ada tikungan yang dipasangi tumpukan ban untuk menghindari kendaraan jatuh ke jurang dari arah perbukitan.

Suasana alam yang menantang membuat kesan sendiri, buat para traveler disarankan untuk tetap mematuhi rambu-rambu selama perjalanan, karena alam sekitar menganti yang begitu mengesankan cenderung melenakan

2) Pantai Logending

Pantai Logending terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah. Pantai ini memiliki keindahan alam yang menawan. Perpaduan antara pantai dan hutan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Obyek wisata ini sangat cocok untuk mereka, khususnya remaja yang suka berpetualang dan camping.

Berbagai fasilitas telah disediakan meliputi area parkir luas yang cukup untuk menampung lebih dari 100 Bus, MCK, Mushola, dan Penginapan, taman bermain, warung pedagang, panggung pertunjukan, dan perahu nelayan, serta souvenir kerajinan anyaman dari daun pandan dan kerajinan kerang.

pantai logending kebumen
pantai logending kebu men // wisata kebumen

Di sana juga tersedia berbagai makanan khas seperti grobi, gula kelapa, ikan hasil tangkapan para nelayan. Objek wisata pantai ini terletak sekitar 54 km barat daya Kebumen atau 33 km selatan Gombong.

Pantai Logending panjang mencapai 200 m merupakan pantai landai berpasir. Bagian timurnya dibatasi oleh terbing terjal batugamping, sementara S. Bodo di sebelah barat merupakan batas administrasi dengan Kabupaten Cilacap.

Perjalanan menuju objek wisata dari arah Jatijajar akan mengikuti lereng barat kawasan kars Gombong Selatan.

3) Pantai Karang Bolong

Pantai Karangbolong berlokasi di Desa Karangbolong Kecamatan Buayan, Kebumen. Pantai Karangbolong merupakan pantai landai berpasir yang cukup luas, yang dibatasi oleh pebukitan yang disusun oleh batuan sedimen klastik asal-gunung api.

Pasir berwarna kelabu yang berukuran halus-kasar bersumber dari batuan tersebut. Sapuan ombak besar yang membentur dinding perbukitan menghasilkan energi yang cukup untuk mengikis, mengangkut dan mengendapkan kembali butiran batuan.

pantai karang bolong kebumen
pantai karang bolong kebumen // wisata kebumen

Derajat pelapukan yang tinggi di kawasan ini mempercepat proses abrasi tersebut. Setempat, singkapan breksi lahar yang berada di pinggir pantai mengalami pengikisan, menghasilkan bentukan abrasi yang unik.

Pantai Karangbolong mempunyai potensi membentuk arus balik yang kuat, sehingga merupakan kawasan yang berbahaya untuk berenang. Kegiatan lain yang dapat dilakukan wisatawan adalah memancing, di mana beberapa jenis ikan karang cukup melimpah di pantai ini.

Di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karangbolong, yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang terbentuk pada lapisan breksi lahar yang terkekarkan.

Gua Karangbolong berukuran panjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi sekitar 5 m. Breksi yang dikenal sebagai Formasi Gabon ini berumur Oligo-Miosen atau antara 30-15 juta tahun; tersingkap bersama-sama dengan sisipan batupasir dan batulempung.

Kawasan Karangbolong dikenal dengan sarang burung waletnya, yang merupakan komoditi andalan pernerintah daerah.

Burung-burung kecil pemakan serangga itu tinggal di dalam lubang, ceruk atau gua-gua breksi di sepanjang dinding terjal yang berbatasan langsung dengan laut.

Sulitnya memvisualisasikan proses pengambilan sarang burung secara tradisional mendasari ide pembuatan miniatur cara pemanenan di atap Gua Karangbolong.

Pengambilan sarang burung yang dilakukan 4 kali dalam setahun didahului dengan serangkaian prosesi adat dan pertunjukkan kesenian daerah.

Objek wisata alam ini telah dilengkapi dengan sarana wisata yang memadai seperti tempat parkir, MCK, pendopo, tempat makan/ kios cinderamata, peturasan dan mushola.

Baca artikel lainya :

4) Gumuk Pasir Pantai Laguna

Pantai Laguna berada di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen yang juga memiliki gumuk pasir. Di kanan dan kiri jalan menuju pantai ini, ada gumuk pasir yang cukup tinggi.

Biasanya, pengunjung lebih memilih untuk melewati jalanan biasa untuk mencapai pantai. Tapi pengunjung yang ingin merasakan sensasi lain, mereka biasanya memilih berjalan mendaki gumuk pasir dengan risiko lebih susah naik karena semakin banyak pasir yang akan menenggelamkan langkah kaki Anda.

Bedanya lagi, belum ada pengunjung yang melakukan kegiatan sandboarding di sini. Pantai Laguna memang tidak terletak di dekat jalan raya, sehingga tidak mudah terlihat oleh para wisatawan yang melakukan perjalanan lintas provinsi melalui jalur selatan.

pantai laguna kebumen
pantai laguna kebumen

Pantai berpasir hitam ini awalnya dikenal dengan nama Pantai Rowo. Namun dalam beberapa tahun terakhir, pantai ini mulai dikenal dengan Pantai Laguna, seiring dengan pengelolaan areal pantai yang lebih tertata.

Jika tak ingin bermain air di pantai yang gelombangnya terkadang tinggi, pengunjung tak perlu pergi jauh-jauh dari gumuk pasir. Karena tepat di bagian bawah gumuk pasir, terdapat danau air asin yang cukup bersih.

Di sini, travellers bisa sekadar bermain air, mencari kerang, hingga mengelilingi danau dengan menggunakan perahu.

Begitu juga jika Anda lelah berpanas-panasan di gumuk pasir, bisa melipir sebentar ke pepohonan cemara yang rimbun di sekeliling danau air asin tersebut.

Untuk mencapai Pantai Laguna, travellers harus menempuh jarak sekira 30 kilometer dari kota Kebumen atau 39 kilometer dari kota Purworejo.

Tidak sulit menemukan angkutan umum yang menuju ke arah pantai ini. Tetapi jika ingin lebih efektif, travellers bisa menggunakan sepeda motor. Travellers juga hanya perlu membayar biaya retribusi Rp3 ribu saja untuk masuk pantai ini.

5) Pantai Suwuk

Pantai Suwuk terletak di Desa Tambakmulya Kecamatan Puring, Kebumen. Jarak tempuh sekitar 30 Km dari Kebumen ke arah barat.

Tempat ini bisa diakses menggunakan transportasi umum dengan mudah dari Kebumen langsung menuju pintu masuk Suwuk.

Pengunjung juga dapat menikmati eloknya panorama Pantai Suwuk dengan menaiki kuda dengan pendampingan pawang kuda.

pantai suwuk kebumen
pantai suwuk kebumen // wisata kebumen

Fasilitas yang tersedia meliputi wahana permainan, masjid toilet, area parkir luas, Masjid Al Mutaqien, toko oleh-oleh, warung kuliner khas Kebumen.

Wisata di Pantai Suwuk ini pada dasarnya tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai di Kabupaten Kebumen.

Pemandangan pegunungan disisi barat dengan tiga bukit menjulang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Pantai Karangbolong.

Jika mengunjungi pantai ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan padang pasir hitam pantai yang luas disertai, tanaman pandan, cemara udang dan rerumputan, padang pasir tersebut dapat digunakan pula untuk wisata offroad.

Selain itu pemandangan Muara Sungai Telomoyo disebelah barat bisa digunakan untuk memancing. Tak hanya itu di muara tersebut juga disediakan perahu wisata bagi wisatawan yang ingin menyelusuri panorama sepanjang sungai dari hilir ke hulu.

Selain itu bibir pantai di pantai ini juga curam dengan kemiringan 35 derajat jadi sedikit berbahaya. Serta pengunjung juga dihimbau untuk tidak berenang karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.

6) Pantai Petanahan

Pantai Petanahan terletak di Desa Karanggadung Kecamatan Petanahan. Jarak tempuh sekitar 17 km dari Kebumen ke arah barat.

Untuk menuju tempat wisata ini, wisatawan juga bisa menggunakan transportasi umum dengan mudah ke lokasi. Pantai berpagar pohon cemara sambil menikmati indahnya panaroma pantai dengan beberapa kapal yang sedang berlayar.

pantai petanahan kebumen
pantai petanahan kebumen

Hamparan pasir berwarna kelabu sepanjang lebih dari 500 m ini mempunyai lebar antara 50-100 m. Sejauh mata memandang, yang tampak adalah dataran pasir dan gulungan ombak putih yang mempesona.

Di antara bentangan pasir yang luas terdapat deretan gumuk, yang berbangun memanjang sejajar dengan garis pantai. Tinggi gumuk pasir tersebut sangat beragam, maksimum 3 m; sementara panjangnya berkisar antara 10-25 m.

Tergantung dari kuatnya tiupan angin, gumuk-gumuk tersebut senantiasa berpindah-pindah tempat. Pembentukannya diawali dengan sekumpulan butiran pasir yang dibawa oleh angin yang tertahan pada semak belukar atau akar pepohonan kecil yang tumbuh di sekitar pantai.

Makin lama tumpukan pasir semakin banyak dan tinggi. Arah angin yang relatif tegak lurus pantai akan menciptakan bentukan memanjang yang sejajar dengan garis pantai. Bagian yang terlindung dari angin akan membentuk lereng yang Iebih curam dibanding sisi lainnya.

Pantai Petanahan dilengkapi dengan sarana wisata yang memadai seperti taman parkir, taman bermain, MCK, Pendopo, mushola, dan warung makan. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan panorama lepas pantai dan pebukitan di sekitarnya yang mempesona.