6 Hal Perlu Kamu Siapkan Sebelum Mendaki Gunung

sindoro sumbing via puncak

Mendaki merupakan aktifitas yang banyak dinimkati oleh anak muda di akhir pekan, bagi mereka yang bekerja di kota mendaki merupakan impian dan sarana melepas penat.

Suasana perkotaan yang didominasi area gedung perkantoran dan perumahan memang cepat membuat orang menjadi jenuh dan bosan, karena itu salah satu cara mengembalikan semngat adalah dengan melakukan pendakian.

Sebelum melakukan pendakian ada hal-hal dan peralatan-peralatan penting yang perlu disiapkan. Berikut hal-hal yang harus disiapkan untuk mendaki gunung :

1) Siapkan Fisik Anda

Walaupun medan atau treak pendakian Gunung biasanya telah terdapat jalur dan rute pendakian yang meungkinkan Anda untuk mencari jalur yang ringan, bukan berarti Anda bisa menyepelekan fisik Anda.

Saat mendaki kondisi tubuh sebaiknya dalam kondisi yang fit. Jangan lupa makan dan minum yang cukup untuk menghasilkan tenaga untuk mendaki. Anda juga bisa berolahraga untuk menyiapkan fisik.

2) Siapkan Logistik Pribadi dan Kelompok

Pendakian yang bisa memakan waktu dua hari satu malam tentu butuh persediaan logistik yang memadai.

Atur jumlah makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan, baik pribadi maupun kelompok. Jangan sampai kekurangan dan jangan sampai berlebih.

Sebaiknya bawa makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh di karena biasanya cuaca dimalam hari sangat dingin.

3) Siapkan Peralatan berkemah

Mendaki Gunung memang disarankan untuk camping. Untuk itu Anda harus menyiapkan peralatan-peralatan berkemah mulai dari tenda, sleeping bag, terpal, alat masak, alat makan, dll.

4) Siapkan Pakaian Hangat

Seperti mendaki gunung pada umumnya, Anda harus menyiapakan pakaian yang pas untuk mendaki.

Apalagi jika Anda mendaki gunung di daerah jawa yang terkenal dengan kabut dan cuaca dingin yang lumayan ekstream untuk pemula.

Cuaca gunung yang sangat dingin mengharuskan Anda menggunakan pakaian tebal dan penutup kepala di malam dan pagi hari. Jangan lupa membawa mantel hujan untuk persiapan jika hujan turun.

5) Siapkan Obat-Obatan Pribadi

Ini yang tidak kalah penting, obat-obatan pribadi. Mendaki di gunung bersuhu rendah terkadang bisa membuat beberapa penyakit, seperti asma dan polip kambuh.

Untuk itu Anda sebaiknya menyiapkan obat-obatan pribadi untuk penyakit Anda atau obat untuk menangkal penyakit di suhu rendah. Minyak kayu putih, promag, dan balsem adalam obat yang wajib Anda bawa saat mendaki.

6) Siapkan Dokumentasi dan Alat Bantu Pandang

Nah, yang tidak kalah penting adalah menyiapkan alat untuk dokumentasi perjalanan Anda.

Siapkan kamera untuk mengabadikan keindahan alam di setiap pendakian. Anda juga bisa membawa teropong jika ingin melihat lebih jelas suatu objek yang berada jauh.

Jadi kapan kita akan naik gunung bareng lagi ?, semoga saja pandemi ini segera berakhir jadi kita bisa leluasa beraktifitas kembali.

Baca artikel lainya :