5 Tips Investasi Saham Untuk Ibu Muda

index harga saham

Memiliki impian jangka dimasa depan salah satunya adalah dengan merencanakan investasi yang sedini mungkin. Salah satu instrumen investasi yang cukup menarik untuk dipelajari adalah bursa saham. Investasi saham jangka panjang memungkinkan kamu untuk mendapat gain yang lebih maksimal.

Nah buat kamu ibu-ibu muda sedang tertarik investasi saham, berikut ini 5 tips investasi saham :

Ketahui tujuan Kamu berinvestasi saham?

Sebagai langkah awal, investasi saham untuk ibu rumah tangga bisa dimulai dengan menentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda berinvestasi jangka panjang. Jika tujuan yang dibuat semakin masuk akal, hasilnya pun akan semakin baik. Dalam artian, hindarilah berinvestasi saham dengan alasan main-main, menambah tabungan, atau ikut teman arisan.

Apabila Anda berinvestasi jangka panjang tanpa tujuan yang jelas, maka Anda pun akan kebingungan untuk memaksimalkan potensi imbal hasil dari investasi saham tersebut. Adapun tujuan ini memang beragam, mulai dari untuk biaya membeli rumah, dana untuk pendidikan anak, hingga dana untuk kebutuhan darurat. Setelah tujuannya dibentuk, tentukanlah kapan saat yang tepat bagi Anda untuk memulai investasi saham.

Tentukan target nominal investasi Kamu

Menentukan tujuan dan waktu yang tepat tidak akan berjalan dengan baik ketika Anda belum menentukan berapa nominal investasi yang ditargetkan. Untuk menentukan berapa besaran nominal ini, memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu perhitungan yang matang dan harus bisa melihat nilai inflasi dari tahun ke tahun.

Pastikan juga nominal tersebut sudah dalam jumlah yang cukup dan tidak mengganggu pos anggaran penting lainnya. Misalnya saja dengan menyisihkan paling tidak sekitar 5% dari penghasilan untuk investasi saham. Berapapun nominalnya, selain sesuai dengan kemampuan, kuncinya di sini adalah Anda harus konsisten setiap bulannya dalam menyetor dana investasi saham tersebut.

Baca juga :

Pelajari seluk beluk pasar modal

Langkah berikutnya ialah memahami seluk beluk pasar modal dan dunia saham. Mempelajari pasar modal bisa Anda lakukan di mana saja. Bisa dengan bertanya kepada ahlinya dan dibarengi dengan membaca buku atau mencari informasi tentang investasi saham di internet. Misalnya saja dengan follow akun-akun yang memiliki kredibilitas membagikan tips seputar investasi saham di media sosial.

Beberapa hal penting yang wajib dipelajari di sini di antaranya adalah profil risiko dari perusahaan, metode investasi, dan lain sebagainya. Ingat, berinvestasi saham memang tidak mudah, maka bekali diri Anda dengan pengetahuan dan informasi yang mencukupi agar tidak menyesal di kemudian hari.

Rajin investasi saham dengan cara mencicilnya

Mungkin Anda mengira akan bisa mendapatkan untung besar bila langsung membeli banyak saham sekaligus. Namun, menurut ahli investasi saham, cara ini dinilai kurang efektif. Khususnya bagi para pemula seperti ibu rumah tangga. Para pakar dan ahli investasi saham menyarankan untuk melakukan pembelian saham dengan metode mencicil atau dikenal sebagai Dollar Cost Averaging.

Keuntungan dari menggunakan metode ini adalah dampak kerugian dapat diminimalisir ketika harga saham terpuruk di pasar bursa efek. Ilustrasinya seperti ini: Anda menginvestasikan dana sebesar Rp100 ribu. Kemudian, investasikan dana atau nominal tersebut pada saham yang sama setiap bulan. Lakukanlah hal tersebut dengan konsisten hingga lot saham yang Anda miliki bertambah. Jangan lupa untuk membeli saham yang berkualitas terbaik dan cenderung stabil.

Buka rekening saham di sekuritas tepercaya

Terakhir, bukalah rekening khusus investasi saham pada sekuritas yang tepercaya. Untuk itu, Anda perlu mengecek aspek legalitasnya. Cek apakah sudah tercatat secara resmi dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di samping itu, penting pula untuk mengetahui testimoni para investor lainnya sebagai perbandingan.

Selain aspek legalitas, sekuritas tepercaya juga pasti memiliki layanan yang mudah, aman, dan nyaman. Sehingga, calon investor dapat mendaftar di mana saja dan kapan saja dengan mudah hanya dalam satu platform digital. Begitu pula dengan produk investasi saham yang ditawarkan, cukup beragam dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

NOTE : satu hal yang perlu di ingat dalam investasi saham adalah disiplan dan bijak berinvestasi karena investasi saham memiliki tingkat resiko tinggi

Baca artikel lainya :

sumber referensi : most.co.id