5 Tips Ini Perlu Kamu Baca Sebelum Sewa Rumah

ilustrasi sewa rumah

Gaes buat Anda pasangan muda yang sedang menuju keluarga bahagia tidak ada salahnya kalau kamu sebelum punya rumah sendiri kamu menyewa terlebih dahulu. Tentunya dengan menyewa rumah akan menyehatkan keuangan Anda yang baru menikah, namun biasanya saat menyewa rumah pertama kali banyak kebingungan-kebingungan yang bikin Anda makin bad mood.

Berikut ini tips yang perlu kamu baca agar menambah wawasan dan pencerahan mengatasi kegalauan mu saat mau menyewa rumah :

1) Berapa biaya yang mampu Anda bayar?

Sebelum mulai mencari rumah atau apartemen sewa, Anda harus tahu berapa biaya yang mampu Anda bayar setiap tahun atau setiap bulannya. Biaya sewa sebaiknya tidak boleh lebih dari 35 persen dari pendapatan kotor Anda (misalnya gaji sebelum pajak).

Jadi kalau pendapatan Anda setiap bulan Rp5 juta sebelum pajak, maka pastikan cicilannya tidak lebih dari Rp1,75 juta setiap bulannya.

2) Mintalah bantuan Broker properti yang bisa kamu percaya

Anda bisa saja menemukan hunian sewa dari situs jual beli properti seperti Property145.com. Tapi, kalau Anda masih buta mengenai lokasi yang bagus dan mudah menjangkau fasilitas lengkap, maka Anda mungkin butuh bantuan broker properti.

3) Pertimbangkan faktor penting seperti lokasi dan kondisi lingkungan

Ketika melakukan survei hunian kontrak, Anda bisa saja tergoda dengan penampilan yang bersih dan rapi. Namun, jangan terburu-buru memutuskan untuk pindah. Cek dulu hal penting seperti jarak dari lokasi bekerja, sampai dengan kondisi tetangga dekat rumah.

4) Memahami isi surat perjanjian, baca dengan teliti

Untuk beberapa jenis hunian sewa, biasanya penghuni menerapkan beberapa peraturan yang tercantum dalam surat perjanjian. Untuk itu Anda harus membaca perlahan dan memahaminya dengan baik.

Poin penting seperti biaya pindah, kenaikan biaya sewa, sampai pemberitahuan tanggal kadaluarsa sewa sangat penting untuk diketahui. Hal ini bisa meminimalisir kesalahpahaman dengan pemilik hunian.

5) Sebelum menyewa lakukan survei langsung

Tidak cukup melakukan survei via telepon atau foto gambar yang dilihat dari iklan saja. Anda harus melakukan survei langsung ke lokasi untuk melihat kondisi bangunan yang sebenarnya.

Selain menghindari penyesalan di kemudian hari, Anda juga bisa segera meminta perbaikan ke pemilik rumah. Selain dinding dan lantai, perhatikan juga instalasi air dan listrik yang perlu dipasang dengan baik.

Semoga dari 5 tips diatas makin membuat Anda percaya diri untuk mulai menemukan rumah sewa yang Anda impikan.

Baca artikel lainya:

sumber referensi : rumah.com