5 Manfaat Lidah Buaya yang Perlu Kamu Ketahui

Lidah buaya atau Aloe Vera merupakan tumbuhan yang berasal dari genus aloe. Tumbuhan ini banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan, dan juga sebagai tanaman hias. Aloe Vera dipercaya memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh, mulai dari kecantikan kulit, rambut, dan untuk perawatan pada wajah. Yuk simak, berikut ini manfaat lidah buaya yang perlu kamu ketahui.

1. Mencegah Penuaan Dini

Lidah buaya memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah penuaan pada wajah. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah secara rutin untuk meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, pemakaian lidah buaya pada kulit wajah juga dipercaya mampu mengencangkan kulit karena lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen. Sehingga kamu akan tampil lebih percaya diri. Namun, jika terjadi ke tidak cocokan setelah penggunaan pada wajah maka perlu konsultasi ke dokter.

2. Mengatasi Jerawat

Sudah bukan rahasia umum lagi jika lidah buaya dipercaya dapat mengurangi jerawat pada wajah. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan hormon polisakarida dan giberelin yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri penyebab kulit berjerawat. Aloe Vera juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk kulit wajah. Sekarang ini banyak produk-produk yang menawarkan gel Aloe Vera yang dapat kamu gunakan. Namun, jangan lupa untuk membaca petunjuknya terlebih dahulu agar dapat digunakan secara benar.

Baca juga : Tips agar hidup lebih termotivasi

3. Menghaluskan Permukaan Kulit

Dilansir dari alodokter.com diketahui lidah buaya dapat mempercepat pembelahan dari sel-sel Keratinosit yang bermanfaat untuk menghaluskan permukaan kulit. Lidah buaya juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang diregenerasi oleh sel-sel kulit baru sehingga permukaan kulit akan lebih halus. Selain itu, lidah buaya juga dipercaya bisa menyamarkan bekas luka pada kulit.

4. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit dapat menimbulkan kerutan sebagai tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu diperlukan pencegahan dengan menggunakan pelindung pada kulit. Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Selain itu, terdapat juga enzim Bradykinase yang berfungsi sebagai antiinflamasi.

5. Menutrisi Rambut

Selain manfaat Aloe Vera pada kulit yang telah disebutkan di atas, terdapat juga manfaat Aloe Vera pada rambut. Dengan mengoleskan Aloe Vera pada rambut dapat membuat peningkatan aliran darah di area kulit kepala yang dapat membantu percepatan pertumbuhan rambut. Rambut juga akan tampak tebal dan hitam karena mendapat nutrisi dari Aloe Vera. Lidah buaya memiliki kandungan kolagen dan vitamin yang tinggi sehingga dapat memperbaiki nutrisi pada rambut.

Aneka ragam kelebihan dari lidah buaya tentu dapat bermanfaat bagi kamu yang menggunakannya. Namun, tetap harus berhati-hati karena penggunaan berlebihan dan tipe kulit yang tidak cocok juga tidak baik sehingga jika terjadi masalah maka kamu harus tetap berkonsultasi pada dokter.

Baca artikel lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published.