5 Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Herbal

5 manfaat daun kumis kucing

Daun kumis kucing merupakan tanaman herbal yang sudah cukup dikenal masyarakat indonesia, Kumis kucing atau orthosiphon aristatus merupakan tanaman herba bercabang yang termasuk ke dalam keluarga labiatae atau lamiaceae.

Tanaman ini dapat ditemukan secara alami di Asia Tenggara dan wilayah tropis Australia. Ramuan ini adalah minuman teh yang populer di masyarakat Asia Tenggara dan beberapa bagian Eropa karena khasiat obatnya.

Para ilmuwan di seluruh dunia telah mempelajari ramuan ini secara luas dan membuat banyak penemuan penting yang berkaitan dengan potensi penggunaan medis.

Berikut manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan:

1. Cegah Darah Tinggi

Daun kumis kucing dipercaya dapat mencegah darah tinggi. Sebab daun itu memiliki kandungan Methylripariochromene A (MRC) yang berfungsi membantu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Methylripariochromene A diyakini bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Kumis kucing juga mengandung kalium yang tinggi. Kalium membantu mengurangi efek sodium.

Baca juga : 7 ide lampu kamar tidur bergaya modern minimalis

2. Obat Ginjal

Manfaat kumis kucing berikutnya yakni menyembuhkan penyakit ginjal. Ramuan daun kumis kucing dapat mengobati berbagai infeksi seperti infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil, dan batu kandung kemih.

3. Obati Rematik

Salah satu ciri penyakit rematik yakni peradangan. Rematik memengaruhi struktur pendukung tubuh bahkan organ. Kalau kamu mengalami rematik, minumlah ekstrak daun kumis kucing. Daun kumis kucing dapat mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan, serta memelihara fungsi persendian.

Baca juga : 5 manfaat buah jeruk yang jarang diketahui

Cara mengonsumsinya, rebus 5 lembar daun kumis kucing segar, daun meniran, dan 3 gelas air putih hingga berubah warna. Setelah dingin minum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

4. Cegah Infeksi Saluran Kencing

Daun kumis kucaing disebut dapat mencegah infeksi saluran kencing. Sifat antibakteri dan antimikroba menjadikan daun kumis kucing dapat mengatasi infeksi tersebut.

Daun kumis kucing membantu mengurangi bakteri menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih yang dapat menimbulkan infeksi. Seseorang yang sulit buang air kecil dapat mengalami infeksi di saluran ginjal dan kandung kemih. Infeksi saluran kemih kerap terjadi pada wanita.

5. Atasi Keputihan

Penyebab keputihan yakni jamur dan bakteri. Infeksi jamur dan ragi menyebabkan keputihan. Sedangkan untuk bakteri yang menyebabkan keputihan yakni bacterial vaginosis. Bakteri ini menyebabkan keputihan yang memiliki bau kuat.

Baca artikel lainya :


Note : artikel ini dirangkum dari berbagai sumber