5 Manfaat Cat Dasar Tembok Untuk Dinding Rumah

dinding keren

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang jenis cat dasar tembok. Kita tau betapa pentingnya cat dasar, karena warna dinding yang baik sangat tergantung dari cat dasarnya.

Untuk permukaan dinding sebaiknya cat dasar di aplikasikan setelah 3 minggu atau 1 bulan setelah dinding selesai di aci, hal ini untuk memastikan kadar air pada dinding rumah tersebut sudah kering. sedangkan untuk permukaan dinding lama yang belum menggunakan cat dasar, sebaiknya kupas terlebih dahulu cat lama dan bersihkan dinding dengan amplas. Penggunaan cat dasar cukup 1 lapis saja.

Apa saja manfaat cat dasar, di bawah ini 5 manfaat cat dasar yang di kutip dari dekoruma.com

Menambah daya tahan terhadap garam alkali atau antialkali

Salah satu fungsi paling umum dari cat dasar tembok adalah mencegah kontaminasi zat-zat alkali pada lapisan cat yang bisa merusak tampilan akhir dari tembok rumah. Zat alkali sendiri biasanya terdapat pada material bangunan seperti semen dan juga bata sehingga dengan memberikan lapisan cat dasar tembok, kamu bisa mencegah zat-zat ini merusak warna cat tembok rumah.

Selain itu, bahaya dari zat alkali tanpa adanya lapisan cat dasar tembok adalah proses pengapuran pada dinding yang bisa menghasilkan debu-debu yang tak cuma mengotori ruangan tapi juga berbahaya bagi kesehatan.

Menambah daya rekat cat tembok

Manfaat dari penggunaan cat dasar tembok sebelum finishing cat tembok adalah memberikan daya rekat yang lebih baik pada cat tembok agar tidak mudah terkelupas baik karena cuaca ataupun hal-hal lainnya. Untuk itu, cat dasar tembok yang berkualitas wajib digunakan pada bagian tembok-tembok bangunan yang berisiko terpapar kondisi ekstrem seperti dinding-dinding outdoor atau tembok pada ruangan yang lembab.

Menutup pori-pori agar permukaan tembok lebih rata & halus

Tembok yang belum di-finishing cenderung memiliki permukaan berpori-pori dan tidak rata sempurna. Penggunaan cat dasar tembok akan membantu menutup pori-pori tersebut sehingga hasil akhir dari pengecatan tembok akan terlihat lebih halus dan rata.

Membantu warna cat tembok lebih sempurna

Tembok yang belum di-finishing memiliki warna mengikuti warna material bangunan. Tanpa cat dasar tembok, warna cat tidak teraplikasi secara sempurna karena pengaruh dari warna material dinding. Banyak orang yang akhirnya melapisi dinding hingga berkali-kali dengan cat warna yang sama agar mendapatkan warna yang diinginkan. Padahal, hal ini bisa kamu atasi dengan mengaplikasikan cat dasar tembok terlebih dahulu.

manfaat cat dasar tembok

Cat dasar tembok yang memiliki warna netral dan formulasi khusus bisa membuat warna akhir dari dinding rumah lebih sempurna tanpa perlu kamu cat berlapis-lapis. Hal ini bahkan bisa membuat proses pembangunan rumah lebih hemat karena lebih hemat cat.

Memberikan perlindungan ekstra pada tembok

selain itu, cat dasar tembok juga dilengkapi dengan berbagai zat proteksi khusus yang akan berikan perlindungan ekstra pada tembok rumah dari berbagai permasalahan umum seperti jamur dan lumut, hingga dinding yang ‘mengompol’ akibat kebocoran air. Tentu bisa disimpulkan secara umum bahwa cat dasar tembok bermanfaat untuk membuat lapisan cat pada dinding rumah menjadi lebih awet.

baca juga artikel lainya tentang :

Dengan berbagai manfaat tersebut, penggunaan cat dasar tembok tak hanya memberikan tampilan akhir cat yang lebih sempurna tapi juga membuat cat pada dinding menjadi lebih awet. Selain itu, kamu tak perlu khawatir mengenai total biaya karena penggunaan cat dasar tembok justru akan membuat proses pembangunan dan perawatan bangunan jauh lebih hemat dalam jangka waktu panjang.

Dari hal diatas tentunya menjadikan kita lebih paham tentang kegunaan cat dasar dan hal ini akan membantu menentukan merk dan warna cat terbaik untuk dinding rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.