5 Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan

5 manfaat buah sukun

Buah sukun adalah salah satu buah tropis yang memiliki bentuk menyerupai nangka. Buah yang berasal dari tanaman pohon sukun ini memiliki daging buah berwarna putih empuk yang manis serta dapat diolah menjadi berbagai makanan, mulai dari keripik, bolu kukus, hingga donat.

Tak hanya dapat digunakan sebagai bahan makanan, buah sukun yang memiliki nama latin artocarpus altilis ini pun dipercaya memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Lantas, apa saja sih manfaat buah sukun yang bisa dirasakan oleh tubuh? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, yuk simak ulasan Kania berikut ini! 

1) Mencegah Diabetes

Mengonsumsi buah sukun secara teratur dipercaya dapat turunkan kadar gula darah yang tinggi sehingga sangat baik untuk para pengidap diabetes. Hal ini disebabkan tingginya kadar serat pada buah sukun yang dapat membantu penyerapan glukosa pada tubuh. Selain itu, buah sukun pun memiliki senyawa alami yang dapat memproduksi insulin sehingga dapat mengendalikan penyakit diabetes.

2) Membantu Diet

Buat kamu yang sedang menjalankan program diet, mengonsumsi buah sukun secara teratur sangatlah efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Buah sukun memiliki kandungan kalori yang baik bagi tubuh, kandungan lemak yang rendah, serta dapat membuatmu merasa kenyang setelah mengonsumsinya. Kamu bisa mengolah buah sukun dengan cara dipanggang atau dikukus agar hasilnya makin efektif.

Baca juga artikel lainya :

3) Mengatasi Masalah Pencernaan

Sama seperti aneka tanaman obat tradisional, buah sukun juga bisa mengatasi masalah pencernaan tubuh. Memiliki kadar serat tinggi serta tekstur yang lembut, buah sukun mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, serta dapat mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam pada lambung. Buah sukun juga mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, dan beta-karoten untuk membantu meredakan radang pada lambung.

4) Mencegah Kanker

Kandungan antikarsinogenik dan beta-karoten pada buah sukun juga mampu mengurangi dan menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara ataupun kanker ovarium. Namun, kamu tetap harus mengonsumsi buah sukun secara bijak atau konsultasikan dengan dokter karena jika terlalu banyak dapat memicu risiko tekanan darah rendah.

5) Mencegah Penyakit Jantung

Di dalam buah sukun juga terdapat sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung sehingga dapat mencegah berbagai penyakit, seperti jantung koroner, serangan jantung, ataupun kardiovaskular. Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa buah sukun memiliki kandungan kalium yang memberikan manfaat seperti mengatur detak jantung serta dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Ternyata selain punya nilai ekonomis buah sukun juga bermanfaat untuk kesehatan, potensi ini harus bisa di manfaatkan sebesar-besarnya oleh petani. Karena siapa tau dengan mudahnya budidaya buah sukun perekonomian petani menjadi terangkat dan semakin sejahtera.

Baca artikel lainya :