5 Macam Motif Anyaman Bikin Ruangan Tambah Cantik

motif anyaman jam dinding

Ngomong-ngomong tentang desain interior tentu nggk akan ada habisnya, seketika ide-ide kreatif muncul. Dikawasan nusantara ini sejak jaman dahulu sebenarnya interior rumah sudah berkembang cukup pesat, hal ini ditandai dengan keanekaragaman anyaman yand dijadikan ornamen penghias rumah.

Nah buat kamu yang ingin mendekorasi rumah dengan menambahkan motif anyaman, berikut ini 5 ide sebagai bahan referensi kamu untuk berkreasi mendesain ruang rumah yang nyaman

1) Motif anyaman berlubang pada dinding pembatas

motif anyaman berlubang pada dinding
motif anyaman berlubang pada dinding // foto kompas.com

Bagi hunian mungil, sudah umum jika diberikan sekat ruangan agar dapat lebih memaksimalkan ruangan yang ada. Misalkan, memilih dinding sekaligus roster dengan motif anyaman yang berlubang seperti inspirasi di atas.

Selain cahaya ruangan masih dapat tembus, sirkulasi udara juga akan tetap lancar. Motif anyaman yang memanfaatkan rotan ini pastinya cocok untuk digunakan pada ruangan bergaya tradisional.

2) Motif anyaman melingkar

motif anyaman melingkar
motif anyaman melingkar // foto line today

Bingung memilih elemen focal point di ruang makan? Agar sekaligus bisa menjadi peralatan makan, coba gunakan alas piring dengan motif anyaman melingkar seperti inspirasi di atas.

Supaya semakin menonjol, pilihlah tatakan piring yang warnanya kontras dengan warna dominan ruangan dan ukuran yang lebih besar dari piring atau gelas. Untuk ruangan serba putih, gunakan warna cokelat atau hitam. Ruang makan minimalis pun tidak membutuhkan dekorasi tambahan lagi.

Baca juga :

3) Motif anyaman geometri

motif anyaman geo metri
motif anyaman geo metri // foto bukalapak

Meski posisinya sebagai pijakan kaki, karpet bisa juga dijadikan focal point, terutama jika memiliki motif anyaman geometri seperti ini. Warnanya senada dengan sofa minimalis, tapi tampilannya menjadi lebih mencolok.

Begitu memasuki ruang keluarga, semua mata pasti akan tertuju pada karpet. Selain menjadi focal point, karpet ini akan membuat suasana ruangan semakin hangat dan nyaman.

4) Jam dinding dengan motif anyaman

motif anyaman jam dinding
motif anyaman jam dinding // foto idekunik.com

Bukan cuma sekadar menunjukkan waktu, jam dinding juga bisa dijadikan sebagai focal point. Misalnya jam dinding berukuran sedang yang menggunakan tampah.

Karena motif anyaman ini sangat sederhana, sangat cocok untuk ruangan minimalis. Gantungkan jam dinding ini pada bidang dinding yang terlihat begitu orang memasuki ruangan.

5) Motif anyaman khas makrame

motif anyaman khas tali makrame
motif anyaman khas tali makrame // foto aliexpress.com

Sudah pernah dengar tentang kerajinan makrame? Hanya dengan memanfaatkan tali, kerajinan makrame bisa menjadi pilihan tampilan motif anyaman untuk hunian.

Pada umumnya, makrame dijadikan hiasan gantung dengan sisa tali yang dibiarkan menjuntai. Selain itu, kamu juga bisa menemukan tudung lampu yang dianyam dengan teknik makrame juga. Sangat cocok dijadikan focal point pada ruangan bergaya vintage, minimalis, ataupun shabby chic.

Baca artikel lainya :

sumber inspirasi : dekoruma