5 Jenis Kunci Ini Sering Banget Kamu Lihat!

jenis kunci pintu doorknob lock

Ngomong-ngomong tentang kunci tentunya pertama yang ada dalam bayangan kita adalah kunci motor, kunci mobil, dan kunci pintu. Semua itu benar ūüôā

Ada beberapa jenis kunci yang sering banget kita lihat, tapi kita tidak tahu namanya, Apa saja nama-nama kunci tersebut, yuks baca ulasan dibawah ini :

1. Kunci Pintu Deadbolt

Jenis kunci pintu yang pertama adalah kunci deadbolt. Kunci pintu deadbolt ini memiliki mekanisme yang terpisah dari gagang pintu sehingga memberikan lapisan keamanan tambahan.

jenis kunci pintu deadbolt
jenis kunci pintu deadbolt

Handle pintu sederhana ini juga bisa berperan sebagai tambahan keamanan rumah. Jenis kunci deadbolt ini dapat mengurangi risiko orang asing masuk secara paksa. Desain kunci pintu ini berupa silinder tunggal dan ganda.

2. Kunci Pintu Handleset

Selanjutnya, jenis kunci pintu yang aman dan sering dipakai adalah tipe handleset. Handleset memiliki desain yang menarik sehingga cocok untuk kamu gunakan sebagai penunjangn tampilan eksterior rumah.

jenis kunci pintu handleset

Kunci tuas rumah handleset ini dilengkapi dengan pegangan pada sisi eksternal dan salah satu kenop putar pada sisi internal untuk menguncinya. Biasanyan kunci pintu hanleset ini dilengkapi juga dengan deadbolt sebagai keamanan ekstra.

3. Kunci Pintu Doorknob Lock

Kunci tuas rumah yang paling umum digunakan pada hunian merupakan kunci kenop atau doorknob lock. Jenis kunci pintu yang satu ini sering ditempatkan pada bagian dalam seperti kamar mandi, kamar tidur, dan pintu utama rumah.

jenis kunci pintu doorknob lock
jenis kunci pintu doorknob lock

Mekanisme penguncian kunci kenop ini ada dalam gagang pintunya.

Baca juga : Perbedaan rangka atap kayu dan bambu

4. Kunci Pintu Mortise

Sementara itu, adapula kunci pintu rumah model mortise yang punya tampilan menarik. Pelat bagian luar dan dalam pintunya memiliki desain yang berbeda dari kunci tuas rumah lainnya.

jenis kunci pintu mortis
jenis kunci pintu mortis

Bagian luar jenis kunci pintu yang satu ini dilengkapi dengan anak kunci. Cara menggunakannya adalah dengan menekan tuas yang berada di bagian atas gagang pintu. Sedangkan bagian dalamnya, tidak dilengkapi dengan lubang kunci.

Jadi, kamu hanya tinggal memutar kenop untuk mengunci pintu secara otomatis. Kunci rumah mortise termasuk salah satu yang paling aman karena tidak bisa diakses dari luar. Ideal banget jadi kunci pintu utama pada hunian!

5. Kunci Pintu Barrel Bolt

Jenis kunci pintu baut barel dikenal juga sebagai baut geser atau gerendel. Sengaja dipasang pada bagian dalam pintu untuk membuat kamu tetap aman saat berada di rumah bersama keluarga.

jenis kunci pintu barrel bolt
jenis kunci pintu barrel bolt

Kunci pintu geser ini memiliki dua bagian yaitu, satu terpasang di kusen pintu dan rakitan penguncian utama lainnya terpasang pada pintu. Rakitan utama pada handle pintu sederhana ini memiliki kunci silinder yang dapat digeser ke kait untuk mengunci pintu dari dalam.

Beberapa orang pun memilih untuk memasang grendel satu di bagian atas pintu dan yang lainnya ada pada bagian bawah untuk keamanan ekstra.

Baca artikel lainya :