4 Tips Mengelola Keuangan Saat Masa Sulit

komponen pajak bumi dan bangunan

Kondisi ekonomi selalu berubah-ubah dan kita mesti bisa adaptasi dengan keadaan ini, apalagi di era VUCA dimana dunia kerja semakin dinamis dan kita harus pintar-pintar mengatur keuangan keluarga.

Di kondisi yang serba tidak pasti saat ini, siapapun yang bisa mengatur pos keuangan dia yang ekonominya akan bertahan. Oleh karena itu kita harus bijak dalam mengelola pengeluaran dengan membelanjakan untuk kebutuhan yang paling perlu saja.

Berikut ini tips untuk mengelola keuangan yang bisa kamu coba :

1) Penilaian terhadap profil risiko

Proses untuk mengetahui seberapa besar potensi risiko yang kita miliki membantu kita membuat strategi pencapaian atau goals. Untuk mengukur hal ini dapat melihat beberapa aspek seperti usia, jenis pekerjaan, status pernikahan, jumlah tanggungan, dan pengalaman investasi.

2) Update posisi aset dan hutang

Setiap orang ingin menjadi kaya, kekayaan seseorang dapat diukur dari kekayaan bersih yang dimiliki (total aset dikurangi total hutang). Aset meliputi aset lancar, aset investasi, dan aset guna. Hutang terbagi menjadi dua berdasarkan jatuh temponya, jangka pendek dan jangka panjang.

3) Catat pola pengeluaran

Untuk menambah kekayaan bersih, setiap orang perlu mengatur pola pengeluarannya karena total penghasilan dikurangi total pengeluaran merupakan sejumlah dana yang menjadi tabungan dan investasi yang nantinya akan menambah total kekayaan bersih. Pengeluaran dibagi menjadi 4 pos yaitu primer, kewajiban, sekunder dan tabungan/investasi.

4) Ketahui tujuan keuangan

Tiga langkah diatas tidak akan berguna bila tidak ada tujuan keuangan yang jelas. Tujuan keuangan di sini dibagi menjadi dua yang sifatnya wajib dan tambahan. Dalam membuat tujuan perlu diperhatikan berapa jumlah yang ingin dicapai dan berapa lama target untuk mencapainya.

Sahabat property145, mengatur pengelolaan keuangan penting namun jangan lupakan kesehatan kita, karena ini juga cukup penting agar kita bisa membersamai keluaga kita meraih mimpi-mimpi mereka.

baca artikel lainya :