3 Tanaman Teras Rumah Ini, Jadi Pagar Hidup Kesehatan Keluarga

Diera keterbatasan lahan pekarangan, justru membuat kita semakin kreatif menyiasati keadaan. pemanfaatan teras rumah untuk bercocok tanam dalam pot menjadi pilihan menarik yang patut untuk dicoba. apa saja tanaman yang bisa kamu tanam, berikut ini 3 jenis tanaman yang bisa kamu tanam dalam pot untuk menghiasi pekarangan rumah mu.

Daun Ketumbar

Daun ketumbar atau cilantro sering dijadikan sebagai bumbu saat memasak sekaligus obat herbal alias tanaman obat keluarga. Kerap hadir sebagai garnish atau penghias minuman berkuah atau sup, daun ketumbar punya aroma unik yang pedas namun wangi.

Bagi masyarakat Tiongkok, daun ketumbar sudah sering menjadi tanaman obat keluarga yang banyak manfaatnya. Pasalnya, cilantro punya daya pembersih alami yang baik untuk tubuh. Ditambah lagi dengan kandungan antioksidan, jangan buang daun ketumbar karena tanaman obat keluarga ini akan memperbaiki kualitas tidur malam dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam daun kemangi segar terkandung air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta serat. Tidak hanya itu, daun kemangi juga mengandung nutrisi penting lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, B, C, dan K, meskipun dalam jumlah yang sedikit.

kemangi dalam pot

Beragam Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan
Beberapa manfaat daun kemangi yang bisa Anda dapatkan, meliputi:

Mampu mengatasi jerawat
Minyak daun kemangi dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat. Sebuah penelitian mengungkapkan, minyak daun kemangi yang sudah dicampurkan dengan bahan tertentu, seperti ekstrak jeruk, asam salisilat, dan asam asetat, mampu mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Baca juga artikel berikut ini :

Menyehatkan sistem pencernaan
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung. Selain itu, manfaat daun kemangi juga bisa menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Mempercepat penyembuhan luka
Selain memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Daun kemangi diketahui memiliki sifat antivirus, antijamur, dan pereda nyeri. Karena kemampuan inilah, daun kemangi kerap dipakai untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka. Sayangnya, sejauh ini penelitian terkait manfaat daun kemangi untuk penyembuhan luka masih sebatas studi pada hewan. Manfaatnya sebagai obat luka pada manusia masih perlu dikaji lebih dalam.

Mencegah stres
Daun kemangi diketahui memiliki zat yan berguna untuk membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres. Selain itu, zat alami ini juga berperan untuk membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks, membantu mengatasi gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan membantu tubuh tidak cepat lelah.

Memiliki sifat antiradang dan antikanker
Manfaat daun kemangi yang juga baik untuk kesehatan adalah sebagai antiradang dan antikanker. Kandungan antioksidan di dalam daun kemangi diduga berperan dalam munculnya efek tersebut. Sayangnya sifat antiradang dan antikanker ini baru terlihat pada penelitian di laboratorium. Manfaat daun kemangi sebagai obat untuk menangani penyakit tertentu masih belum diteliti dengan jelas.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi. Tanaman ini berasal dari daerah Mediterania, namun kini lidah buaya sudah banyak dikembangbiakkan di Asia, Eropa, dan Amerika Selatan.

Lidah buaya diketahui memiliki banyak khasiat bagi kulit dan rambut. Itulah sebabnya, lidah buaya umum dipakai sebagai bahan berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya dalam bentuk gel ataupun ekstrak sering ditambahkan ke dalam sabun, sampo, losion, ataupun krim wajah. Selain itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman.

cara menanam lidah buaya

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit Wajah
Berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah adalah:

  1. Melembapkan kulit
    Apa pun jenis kulit kamu, pelembap tetap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.
  2. Mempercepat penyembuhan luka
    Lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.
  3. Membantu menghaluskan permukaan kulit
    Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit. Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.
  4. Mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit
    Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Membantu meredakan radang dan gatal
Di bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang memiliki khasiat antiradang dan antimikroba. Khasiat ini berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.

Manfaat Lidah Buaya pada Berbagai Jenis Kulit Wajah
Jenis kulit wajah bermacam-macam, ada jenis kulit normal, kering, berminyak, dan sensitif. Masing-masing jenis kulit memiliki kebutuhan dan masalah yang berbeda, sehingga perlu dirawat dengan cara yang berbeda pula.

Berikut ini adalah berbagai cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan kulit wajah berdasarkan jenis kulitnya:

Kulit kering
Orang dengan kulit kering wajib menggunakan pelembap sebagai bagian dari rangkaian perawatan wajah, untuk menghindari iritasi, gatal, perih, atau bahkan jerawat.

Gunakan gel lidah buaya ataupun pelembap dengan ekstrak lidah buaya setelah mencuci wajah. Spray wajah yang mengandung gel lidah buaya juga dapat digunakan di tengah hari atau ketika wajah terasa sangat kering.

Hindari penggunaan lidah buaya pada area yang sensitif, seperti mata dan bagian dalam mulut atau hidung.

Kulit normal
Kulit normal memang jarang bermasalah, namun tetap perlu dirawat untuk mencegah kekusaman dan penuaan dini, serta jerawat.

Gunakan gel lidah buaya sebagai pelembap. Masker dan serum wajah yang mengandung ekstrak lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat kulit normal, agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

Kulit berminyak
Produk dengan lidah buaya dapat kamu gunakan untuk mencegah timbulnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Hindari penggunaan produk lidah buaya dengan bahan pelembap lain yang mengandung lanolin atau minyak mineral, agar kulit tidak terasa semakin berminyak.

Kulit sensitif
Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pilihlah produk lidah buaya yang tidak mengandung parfum atau alkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Kamu bisa menggunakan tabir surya yang dilengkapi ekstrak lidah buaya untuk mengatasi rasa perih dan panas pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

Lidah buaya juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka lecet atau luka bakar ringan serta bentol di wajah. Caranya, bersihkan wajah dengan sabun berbahan lembut dan air bersih, lalu oleskan gel lidah buaya pada wajah. Biarkan gel lidah buaya hingga mengering selama beberapa menit, lalu bilas.

Gel lidah buaya bisa dioleskan dua kali sehari, dan cobalah untuk memilih produk yang mengandung lidah buaya murni dengan konsentrasi tertinggi.

Namun perlu diingat, tidak semua orang cocok dengan lidah buaya. Jika muncul ruam kemerahan, gatal, atau perih pada kulit setelah diolesi lidah buaya, kemungkinan kamu mengalami iritasi atau alergi. Segera bilas dan hentikan penggunaan produk. Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan dan saran penggunaan lidah buaya yang aman.

Baca artikel lainya :

sumber : google.com, alodokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.