11 Jenis Umbi-Umbian Pengganti Pangan Pokok

umbi uwi ungu

Umbi-umbian merupakan makanan pokok bangsa indonesia sejak beratus-ratus tahun yang lalu, sampai akhirnya budaya makan nasi dari padi menjadi keseharian kita. Semakin mudahnya akses akan informasi masyarakat mulai kembali melirik umbi-umbian setelah dirasa nasi dari padi sekarang ini sudah tidak organik lagi.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Indonesia juga terkenal dengan berbagai tanamannya. Ada banyak jenis tanaman di Indonesia yang bisa menghasilkan bahan makanan. Salah satu tanaman yang menghasilkan bahan makanan adalah tanaman jenis umbi-umbian.

Ada banyak umbi-umbian yang bisa ditemukan di Indonesia. Berikut jenis umbi-umbian tersebut.

Jenis Umbi-Umbian di Indonesia

1. Wortel

wortel
wortel

Wortel juga masuk ke dalam jenis umbi-umbian. Wortel adalah umbi-umbian yang mengandung vitamin, serat dan karbohidrat yang baik buat tubuh.

2. Kentang

Kentang

Kentang juga merupakan umbi khas Indonesia. Kentang adalah sumber nutrisi yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Kentang bisa diolah menjadi berbagai masakan dan camilan lezat.

3. Ketela Pohon atau Singkong

singkong
singkong

Umbi selanjutnya ada ketela pohon atau singkong. Ketela pohon tak hanya bisa diolah menjadi camilan lezat tetapi juga bisa diolah menjadi nasi tiwul yang bermanfaat sebagai pengganti nasi beras.

4. Ubi Jalar

ubi jalar
ubi jalar

Ubi jalar adalah umbi-umbian khas Indonesia yang memiliki cita rasa manis menggugah selera. Ada banyak jenis ubi jalar dengan cita rasa dan warna beraneka ragam. Ubi jalar bisa diolah menjadi berbagai masakan dan camilan yang menggugah selera.

5. Talas

umbi talas
umbi talas

Talas adalah umbi-umbian yang memiliki rasa khas yang cukup hambar. Meski rasanya cukup hambar, talas memiliki banyak penggemar. Diolah menjadi talas kukus atau keripik talas, ini siap memanjakan lidah siapa saja. Sayangnya, beberapa talas memberi sensasi gatal di lidah saat kita mengonsumsinya.

6. Suweg

suweg
suweg

Ini merupakan umbi-umbian yang banyak ditemukan di Jawa Tengah dan sebagian daerah Jawa Timur. Suweg merupakan umbi yang sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Cara mengolah suweg cukup dengan dikukus kemudian disajikan bersama taburan garam dan kelapa parut.

7. Uwi

umbi uwi ungu
umbi uwi ungu

Uwi memiliki umbi-umbian yang mirip dengan suweg namun warga daging umbinya putih keungu-unguan. Uwi memiliki cita rasa manis yang khas. Biasanya, umbi uwi diolah dengan cara dikukus.

Selanjutnya baca juga artikel berikut ini :

8. Bengkuang

bengkuang
bengkuang

Bengkuang adalah umbi-umbian yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bengkuang memiliki bentuk khas seperti gasing. Bengkuang memiliki daging umbi berwarna putih dengan rasa manis serta menyegarkan. Bengkuang biasa diolah menjadi rujak buah, dipanggang, digoreng atau ditumis.

9. Gadung

umbi gadung
umbi gadung

Gadung merupakan umbi-umbian yang cukup populer di Indonesia. Gadung biasanya diolah menjadi keripik atau kerupuk. Untuk mengolah gadung harus melewati beberapa proses karena jika dikonsumsi secara langsung gadung bisa menyebabkan keracunan.

10. Gembili

umbi gembili
umbi gembili

Gembili adalah umbi-umbian dengan pohon merambat seperti uwi. Gembili memiliki cita rasa manis dengan daging umbi lembut. Gembili bisa dijadikan makanan pengganti nasi.

11. Ganyong

umbi ganyong
umbi ganyong

Umbi selanjutnya ada ganyong. Ini merupakan umbi yang bisa diolah dengan cara cukup dikukus atau diparut kemudian diambil tepung patinya. Di beberapa daerah di Jawa, tepung pati diolah menjadi kue tradisional yang bernama jenang ganyong.

Tanpa kita sadari, kita sudah sangat tergantung sekali dengan nasi/beras, padahal di sekitar kita banyak sekali bahan pokok alternatif yang lebih sehat dan tentunya organik selain beras. Sobat property145 mari kita berdaya di negeri sendiri dengan membudidayakan tanaman bahan pokok selain beras untuk kelangsungan hidup anak cucu kita.

Baca artikel lainya :