10 Jenis Tupai Yang Populasinya Mulai Jarang Ditemukan

ilustrasi tupai hutan

Tupai adalah segolongan mamalia kecil yang mirip, dan kerap dikelirukan, dengan bajing. Secara ilmiah, tupai tidak sama dan jauh kekerabatannya dari keluarga bajing. Tupai adalah pemangsa serangga, dan dahulu dimasukkan ke dalam bangsa insektivora (pemakan serangga) bersama-sama dengan cerurut, sedangkan bajing dan bajing terbang termasuk bangsa Rodentia (hewan pengerat) bersama-sama dengan tikus. (wikipedia)

Di kawasan asia banyak sekali jenis-jenis tupai, berikut ini jenis-jenis tupai yang di rangkum dari berbagai sumber:

1) Tupai ekor-kecil (Dendrogale melanura)

Tupai ekor-kecil(Dendrogale melanura) adalah jenis tupai yang berasal dari genus dendrogale dan keberadaannya Terbatas di Sarawak bagian utara.

Tupai ini berwarna coklat gelap pada bagian atas dan warna oranye dengan abu abu dan hitam kemerahan mengkilat pada sepanjang sisi bagian bawah. Mereka memiliki moncong yang pendek serta cakar yang tajam.

2) Tupai mentawai (Tupaia chrysogaster)

Tupai mentawai (Tupaia chrysogaster) adalah jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang keberadaannya tersebar di Kepulauan Mentawai,Sumatera Barat, Indonesia. Tupai yang memiliki ekor yang panjang, dan baik  pendengaran, penglihatan, serta penciuman.

tupai mentawai
tupai mentawai // foto google image

Tupai ini pemakan segala jenis (omnivora). Makanan yang dimakan adalah berbagai serangga biji-bijian,, vertebrata kecil, hingga buah-buahan. Masa kehamilan tupai ini adalah 50 hari, ketika baru lahir bayi tupai metawai tidak dapat melihat dan tidak berambut, tetapi mereka dapat meninggalkan sarang pada usia 1 bulan.

3) Tupai akar (Tupaia glis)

Tupai akar (Tupaia glis) adalah jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang banyak tersebar di Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa dan Borneo.

Punggung tupai ini berwarna coklat kemerahan dan ekor kehitam-hitaman sementara berwarna abu-abu kekuningan pada begian perut dan terdapat garis pucat di bahu. tupai ini aktif mencari makanan pada siang hari, mereka hidup secara berpasangan.

4) Tupai kekes (Tupaia javanica)

Tupai kekes (Tupaia javanica) adalah jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang banyak tersebar di Sumatra, Nias, Jawa dan Bali.tupai ini bertubuh ramping.

tupai kekes
tupai kekes // foto greeners

Bagian atas tubuh tupai ini berwarna kuning-coklat abu-abu dengan bintik bulu kehitaman,di bagian mata dan bahu berwarna kuning keputihan sedangkan sisi bagian perut dan bawah kaki berwarna kekuningan sampai keputihan, tupai ini memiliki ekor yang panjang,lebar,tetapi tidak tebal berwarna coklat kuning dengan bintik kehitaman.

5) Tupai kecil (Tupaia minor)

Tupai kecil (Tupaia minor) adalah jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang banyak ditemukan di Semenanjung Malaya, Sumatra, Borneo, dan beberapa pulau seperti Singkep dan Pulau Laut.

6) Tupai gunung (Tupaia montana)

Tupai gunung (Tupaia montana) jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang keberadaannya Terbatas di pegunungan di Sarawak, Malaysia.

tupai gunung
tupai gunung // foto pixabay

Bagian punggungnya berwarna karat dengan garis hitam sepanjang punggung tetapi warnanya tidak jelas, memiliki ekor agak pendek, sedangkan bagian bawah berwarna kuning langsat.

7) Tupai tanah (Tupaia tana)

tupai tanah
tupai tanah // foto wikiwand

Tupai tanah (Tupaia tana) adalah jenis tupai yang berasal dari genus Tupaia dan keberadaannya hanya ada di pulau Sumatra dan Borneo.

8) Tupai ekor-sikat (Ptilocercus lowii)

Tupai ekor-sikat (Ptilocercus lowii) adalah tupai yang berasal dari genus Ptilocercus yang keberadaannya tersebar di Semenanjung Malaya, Sumatra, Borneo dan pulau-pulau di sekitarnya.

9) Tupai madras (Anathana ellioti)

Tupai mandras adalah jenis tupai yang berasal dari genus Anathana yang banyak tersebar di anak Benua India , tupai ini memiliki warna coklat kemerahan dibagian punggung sampai ekor.

Tupai jenis ini suka menghabiskan waktu di tanah atau memanjat di bebatuan untuk mencari serangga atau biji-bijian.

10) Tupai indochina (Tupaia belangeri)

Tupai indochina (Tupaia belangeri) adalah jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang keberadaannya tersebar di assam,bangladesh,thailand,indochina,hainan,burma dan Tiongkok bagian selatan.

Baca artikel lainya:

** dirangkum dari berbagai sumber