10 Jenis Tanaman Anggrek Hiasan Teras Rumah

anggrek kasut kumis

Anggrek merupakan tanaman hias yang memiliki bunga unik dan banyak peminatnya, perawatan anggrek pun tergolong gampan-gampang sulit. Dari berbagai jenis anggrek berikut ini 10 anggrek yang bisa dijadikan hiasan teras rumah Anda.

1. Anggrek Bulan

Inilah bunga anggrek yang sering digaungkan dalam sebuah lirik lagu. Nama ilmiahnya Paraphalaenopsis serpentilingua. Panjang juga, ya. Kalimantan Barat merupakan daerah yang menguasai kecantikan anggrek ini.

anggrek bulan
anggrek bulan

Ciri khas anggrek bulan yakni, berwarna putih dengan corak kuning dan merah. Kenapa dinamakan anggrek bulan? Tentu saja karena bentuk dan warnanya hampir mirip rembulan di malam hari.

Bunganya putih dan daunnya hijau memanjang. Akarnya sedikit terasa berdaging. Anggrek ini membutuhkan sedikit cahya matahari untuk penunjang hidupnya. Anggrek ini punya nama lati Phalaenopsis amabilis.

2. Anggrek Kasut Kumis

Anggrek kasut kumis bisa dikatakan kembaran dari kantung semar. Pasalnya, bentuknya berkantung dan berbulu. Itulah sebabnya dinamakan kasut kumis karena bulunya yang begitu terlihat.

anggrek kasut kumis
anggrek kasut kumis

Bunga anggrek kasut kumis memiliki perpaduan warna ungu dan hijau. Kedua warna ini membuat anggrek kasut kumis semakin indah dan serasi. Nama ilmiahnya yakni Paraphalaenopsis chamberlainianum.

3. Anggrek Kebutan

Namanya mengingatkan pada istilah yang menggambarkan kebiasaan gemar naik kendaraan dengan kecepatan di atas normal alias kebut-kebutan. Tapi, bukan berarti anggrek ini bisa melaju selayaknya motor ya.

anggrek kebutan
anggrek kebutan

Nama kebutan disandang karena warna oranye yang memoles bunga anggrek terlihat sangat indah. Warna-warna tersebut berkerumun dalam satu tangkai.

Anggrek kebutan ini termasuk anggrek langka yang dilindungi negara. Jadi, kamu pun harus menjaga kelestariannya.

4. Anggrek Sendok

Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan kalau bunga ini mirip dengan alat makan berupa sendok. Tapi, jelas bentuknya jauh lebih indah dari sendok. Bukan sendok biasa.

anggrek sendok
anggrek sendok

Nama latinnya adalah Spathoglottis zurea. Dengan warna bunga kuning cerah dan sedikit polesan putih dan merah di tengahnya, bunga anggrek sendok ini semakin menawan saja.

5. Anggrek Bulan Bintang

Nah lho, tadi ada anggrek bulan. Sekarang muncul anggrek bulan bintang. Tentu saja ada alasannya, mengapa nama anggrek bulan bintang melekat padanya.

anggrek bulan bintang
anggrek bulan bintang

Baca juga : Tips Beli Rumah Dari Developer

Anggrek ini punya lima buah kelopak yang berbentuk mirip bintang. Lalu di tengahnya persis seperti bulan. Warnanya sangat indah dan menawan sehingga banyak yang menyukai jenis anggrek bulan bintang.

6. Anggrek Kerlip

anggrek kelip
anggrek kelip

Anggrek ini masih satu spesies dengan anggrek bulan. Aromanya sangat wangi dan bentuknya memikat hati. Pemilik naman latin Phalaenopsis violacea ini merupakan anggrek yang banyak dibudidayakan karena keindahan tampilannya.

7. Anggrek Jamrud

Ingat salah satu band terkenal di Indonesia saat era 90-an? Ya, mereka lah band jamrud. Kini, nama itu juga disandang oleh salah satu jenis anggrek, yaitu anggrek jamrud.

anggrek jamrud
anggrek jamrud

Nama latin anggrek jamrud adalah Dendrobium macrophyllum. Ciri-ciri anggrek jamrud, antara lain, terdapat bulu di bunganya seperti buah rambutan. Sementara di bagian luarnya juga menyerupai kulit rambutan dan membentuk kelopak.

8. Anggrek Hartinah

Nama Hartinah diambil dari nama seorang ibu negara, tak lain mendiang Ibu Tien Soeharto. Beliau berjasa besar mengembangkan tanaman anggrek hartinah ini. Anggrek hartinah ditemukan oleh Rusdi E.Nasution pada tahun 1976.

Anggrek hartinah
Anggrek hartinah

Nama ilmiahnya adalah Chimbidium hatinahianum. Bunga anggrek ini didominasi ungu dengan gradasi krem. Bentuk dan ukurannya sama seperti bunga anggrek pada umumnya.

9. Anggrek Jingga

Seperti warnanya, anggrek ini dinamakan anggrek jingga. Nama latinnya adalah Renanthera matutina. Bunganya berwarna jingga dengan motif seperti warna kulit macan tutul.

Di Florist kita sering bertemu anggrek jingga yang jenis kedua. Bunga cantik ini berasal dari filipina, nama latinnya renanthera monachica.

10. Anggrek Ki Aksara

Bunga anggrek ki aksara berwarna hijau dengan corak menyerupai kilatan petir. Anggrek yang nama latinnya Macodes petoal ini ukurannya terbilang mungil. Namun, tetap indah dipandang mata.

Baca artikel lainya :